Home Tips 3 Tips Keselamatan dan Keamanan Untuk Penerbangan Luar Negeri

3 Tips Keselamatan dan Keamanan Untuk Penerbangan Luar Negeri

by Fery Ferdiansyah
3 Tips Keselamatan dan Keamanan Untuk Penerbangan Luar Negeri

Keselamatan dan keamanan—Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang sekarang menjadi cukup mudah apalagi dengan harga tiket promo yang sering ditawarkan oleh pihak maskapai penerbangan. Dengan kemudahan dalam membeli tiket secara digital, juga ditambah dengan kepedulian pihak penerbangan dalam menjaga kualitas fasilitas bandara dan peningkatan pelayanan maskapai pesawat membuat masyarakat lebih menjatuhkan pilihan moda transportasi ini ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

3 Tips Keselamatan dan Keamanan Untuk Penerbangan Luar Negeri
3 Tips Keselamatan dan Keamanan Untuk Penerbangan Luar Negeri

Tentunya melakukan perjalanan ke luar negeri dengan naik pesawat, pastinya memiliki tata cara yang berbeda dengan perjalanan ke luar kota atau lintas pulau. Jika perjalanan yang Anda lakukan adalah perjalanan ke luar negeri. Maka ada beberapa panduan yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pemberangkatan penerbangan internasional.

Paling tidak dengan mengetahui tata cara melakukan penerbangan ke luar negeri, untuk pemula ini, alasannya agar Anda melakukan perjalanan dengan selamat. Karena keselamatan dan kenyamananAnda, adalah prioritas utama.

Berikut ini adalah beberapa panduan dalam melakukan pemberangkatan ke luar negeri. Yang bisa Anda jadikan referensi. Simak ulasannya.

  • Siapkan Segala Macam Administrasi Dengan Kelengkapan Sempurna:

Tentunya melakukan perjalanan naik pesawat terbang ke luar negeri, sangat berbeda dengan perjalanan naik pesawat terbang ke luar kota. Ada beberapa tahapan-tahapan yang harus Anda patuhi sebelum berangkat. Jika tahapan tersebut belum lengkap. Maka mustahil Anda bisa berangkat ke luar negeri.

Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan dan perlukan. Seperti visa, paspor, fiskal, KTP dan dokumen-dokumen penting lainnya, jika diperlukan. Siapkan dokumen tersebut  dalam tas yang sudah Anda, jangan dicampur aduk di dalam koper. Karena akan menyulitkan Anda ketika sedang check-in.

  • Check -in dan Pengecekan Paspor di Bagian Imigrasi Bandara:

Batas waktu penutupan loket check–in di bandara adalah 30 menit sebelum keberangkatan, seperti yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Datanglah lebih awal, biasanya diberlakukan kebijakan untuk melakukan check-in setidaknya 3 jam sebelum keberangkatan.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi sebelum keberangkatan internasional. Karena biasanya menunggu proses check in mengantre cukup lama. Sebelum itu, Anda bisa mempelajari terlebih dulu denah atau peta bandara yang biasanya disediakan di beberapa area, agar supaya Anda bisa masuk gerbang penerbangan internasional sesuai dengan jam yang ditentukan.

Setelah proses check in selesai, Anda akan masuk ke proses wajib selanjutnya yaitu pengecekan paspor di bagian imigrasi. Disediakan beberapa loket imigrasi untuk proses ini.

Pada proses ini, data paspor kalian akan disalin oleh petugas imigrasi yang berwenang dengan cara melakukan scan atau menggesek bagian lembar data paspor biometrik. Secara otomatis, ketika di-scan atau digesek, data identitas diri Anda kalian akan muncul di layar komputer. Setelah itu, petugas imigrasi akan mengecek ulang sekaligus mencocokkan wajah dan foto paspor Anda.

  • Transit Pesawat:

Dalam beberapa kasus, ada penerbangan dari pihak maskapai penerbangan yang melakukan transit  pesawat jika ada instruksi dari awak kabin untuk berganti pesawat atau tidak berganti. Namun jika Anda mendapat instruksi dari awak kabin untuk berganti pesawat maka semua penumpang wajib turun. Dan melakukan prosedur check-in kembali untuk kembali berangkat dengan pesawat berikutnya.

Demikian informasi 3 tips keselamatan dan kenamanan untuk penerbangan luar negeri  ini kami sampaikan. Karena dengan menggunakan pesawat sebagai moda transportasi untuk berpergian, kita bisa mengangkat kecintaan dan kebangaan menggunakan transportasi udara. Tetap budayakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman selamanya.

You may also like