Home Tips 4 Fakta Yang Anda Harus Tahu Ketika Naik Pesawat

4 Fakta Yang Anda Harus Tahu Ketika Naik Pesawat

by Fery Ferdiansyah
4 Fakta Yang Anda Harus Tahu Ketika Naik Pesawat

Naik pesawat–Dengan teknologi semakin berkembang, transportasi pesawat terbang pun mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Ini terlihat dari fasilitas, keamanan dan kenyamanan yang bisa Anda rasakan ketika ada di bandara maupun di dalam kabin pesawat. Penerbangan di Indonesia semakin mengusung standar keamanan yang tinggi dan sudah diakui secara internasional, yang membuat animo masyarakat di Indonesia semakin percaya menjatuhkan pilihannya dengan moda transportasi udara ini. Karena aman, nyaman dan selamat.

Banyak fakta mengenai pesawat terbang, yang selayaknya Anda ketahui sebagai penumpang moda transportasi udara ini. Yang akan menambah wawasan juga referensi Anda mengenai selak beluk pesawat terbang.

  • Turbulensi Pesawat:

Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang sering terjadi pada skala kecil, jangka waktu yang pendek, serta acak. Dengan kata lain, ketika kecepatan aliran udara dan/atau arah pergerakannya berubah dengan cepat, maka pada saat itu dapat dikatakan telah terjadi turbulensi udara. Jadi secara harfiah, turbulensi adalah keadaan dimana pesawat berada dalam kondisi kurang stabil, sehingga membuat para penumpang di kabin pasti merasakan guncangan. Turbelensi pesawat adalah sesuatu yang wajar. Jadi Anda tidak perlu cemas. Karena tidak berbahaya. Percayalah kalau pilot-pilot di Indonesia sudah terlatih dan professional dalam menangani yang namanya turbulensi.

  • Kenapa Menyalakan Ponsel Dilarang:

Setiap kali Anda naik pesawat pasti hasrat dan gairah untuk berfoto begitu besar. Namun Anda harus menahan hasrat Anda tersebut. Karena menyalakan ponsel ketika pesawat ketika mengudara dilarang keras karena akan mengganggu sinyal navigasi  di dalam pesawat dan akan turut membahayakan para penumpang lainnya.

Karena larangan menyalakan ponsel tersebut sudah termaktub dalam instruksi Direktur Keselamatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan melalui surat No. AU/4357/DKP.0975/2003 tentang larangan penggunaan ponsel di dalam pesawat udara, sebagai suatu instruksi pelarangan lanjutan mengingat studi larangan ini sesungguhnya sudah diterbitkan oleh FAA (Badan Penerbangan Federal AS) sejak tahun 1991 silam.

  • Pentingnya Fungsi Sabuk Keselamatan:

Ketika Anda berada di dalam pesawat Anda diwajibkan mengenakan sabuk keselamatan saat pesawat lepas landas maupun mendarat. Karena guncangannya cukup membuat ketidakstabilan di dalam kabin pesawat. Selain itu, sabuk keselamatan berfungsi untuk melindungi penumpang saat pesawat mengalami turbulensi mendadak. Sebab saat sedang pesawat mengalami turbulensi pesawat tidak stabil, guncangannya cukup besar di dalam kabin, bisa saja kepala penumpang bisa terbentur langit-langit. Dan bisa menyebabkan potensi cedera yang serius.

Untuk menghindarinya, Anda diharuskan mengenakan sabuk keselamatan yang ada di bangku dan setiap penumpang wajib mengetahui posisi pemakaian sabuk keselamatan yang benar, yakni sejajar dengan pangkal paha, agar tubuh Anda bisa ditahan saat turbulensi mendadak terjadi di udara. Selalu kenakan sabuk keselamatan dengan benar dan tepat. Supaya penerbangan kita selamat, aman dan nyaman selamanya.

  • Apa Itu Avsec?

Kalau Anda akan naik pesawat terbang, pasti di bandara Anda akan bertemu dengan seseorang yang bertugas menjadi Avsec, mungkin Anda tidak menyadarinya. Avsec adalah singkatan dari Aviation Security adalah sekuriti bandara yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus. Setiap Avsec wajib memiliki lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Personel (STKP) yang diberi mandat resmi untuk bertugas di bidang keamanan penerbangan.

Bila Anda ingin mengetahui fungsi kerja Avsec adalah ketika Anda berada di bandara sebelum melakukan penerbangan dan menjalani pemeriksaan dengan tertib melewati gawang detektor logam serta pemeriksaan barang bawaan melalui mesin X-Ray, kerjaan tersebut dilakukan oleh para personel Avsec. Jangan lupa selalu berlaku tertib, disiplin, patuh dan sabar saat menjalani pemeriksaan Avsec di bandara dan budayakan selalu selamat, aman, nyaman dalam penerbangan.

You may also like