Home Properti 4 Penyebab Plafon Rumah Cepat Rusak dan Solusinya

4 Penyebab Plafon Rumah Cepat Rusak dan Solusinya

by Fery Ferdiansyah
4 Penyebab Plafon Rumah

Plafon adalah bagian rumah yang memiliki fungsi untuk menutup bagian atas rumah. Plafon rumah adalah bagian rumah yang amat sangat penting. Plafon rumah sendiri biasanya dibuat dengan menggunakan beberapa material bahan misalnya seperti multipleks dan gypsum. Bahan material yang paling banyak digunakan untuk membuat plafon adalah bahan multipleks yang biasanya terbuat dari bahan serbuk kayu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan plafon rumah Anda rusak. Oleh karena itu, Anda wajib waspada dan berhati-hati. Jangan sampai rumah Anda rubuh dan runtuh hanya karena plafon rumah Anda yang rusak.

4 Penyebab Plafon Rumah Cepat Rusak dan Solusinya

Untuk Anda yang ingin tahu apa saja penyebab plafon rumah Anda cepat rusak dan solusinya. Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Plafon Rumah Lembab dan Berlumut

Penyebab pertama yang bisa membuat plafon rumah cepat rusak adalah karena plafon rumah lembab dan berlumut. Ya, plafon rumah yang lembab dan berlumut tentu saja akan membuatnya cepat rusak. Jadi, pastikan kamu menjaga plafon rumah tetap kering ya!

2. Plafon Rumah Retak

Penyebab plafon rumah cepat rusak berikutnya adalah karena plafon rumah yang retak saat dipasang. Solusinya adalah pastikan Anda mengganti plafon yang sudah retakm tersebut. JIka retaknya masih belum parah, Anda bisa menggunakan compound untuk memperbaikinya.

3. Plafon Diserang Rayap

Penyabab plafon rumah cepat rusak berikutnya yang juga perlu dan penting untuk Anda perhatikan adalah disebabkan karena rayap. Ya, rayap adalah hewan kecil yang mampu merusak apa saja terutama bahan bangunan yang terbuat dari kayu.

Biasanya rayap akan menyerang plafon rumah yang lembab. Oleh karena itu, pastikan rumah Anda tetap kering dan pastikan juga secara rutin Anda menggunakan jasa anti rayap untuk mengatasi masalah ini.

4. Plafon Bergelombang

Selain dapat disebabkan karena plafon yang retak, plafon rumah yang cepat rusak juga disebabkan karena plafon bergelombang. Solusinya adalah pastikan Anda melakukan pemasangan ulang dan pastikan plafon tetap lurus dengan menggunakan waterpass saat memasangnya.

Nah, itu dia 4 penyebab plafon cepat rusak dan solusi yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat, terimakasih.