Home Tips 5 Tips Mudik Lewat Udara Untuk Pemula

5 Tips Mudik Lewat Udara Untuk Pemula

by Fery Ferdiansyah
5 Tips Mudik Lewat Udara Untuk Pemula

Mudik Lewat Udara—Mudik menggunakan pesawat terbang menjadi pengalaman yang menyenangkan pastinya, untuk sebagian masyarakat yang baru pertama kali mencicipi naik pesawat, yang bakal menjadi pengalaman mudik yang tak terlupakan. Buat Anda yang pertama kali mudik dengan pesawat terbang, mungkin sedikit kebingungan mengenai beberapa tata cara naik pesawat.

5 Tips Mudik Lewat Udara Untuk Pemula
5 Tips Mudik Lewat Udara Untuk Pemula

Nah, buat Anda yang tahun ini berniat mudik lewat udara, bisa menyimak beberapa tips dari kami supaya Anda tidak grogi saat pertama kali naik pesawat.

  • Bawalah Koper/Ransel Yang Ringan Dan Berwarna Mencolok:

Mudik tentu menjadi perjalanan ke kampung halaman yang seru untuk itu pasti Anda akan membawa segala macam kebutuhan yang Anda perlukan selama mudik. Untuk itu, usahakan membawa koper/ransel yang berbobot ringan. Pilih yang cocok untuk melakukan perjalanan dengan moda penerbangan.

Soal warna disarankan untuk memilih warna yang mencolok, agar tidak tertukar dengan bawaan penumpang lain. Atau tandai koper maupun ranselmu dengan sesuatu yang gampang Anda kenali. Agar Anda tidak kebingungan saat menanti antrean pengambilan bagasi.

  • Datanglah 3 Jam Sebelum Keberangkatan:

Saat melakukan perjalanan penerbangan, biasakan untuk tiba di bandara lebih awal. Apalagi buat Anda yang baru pertama kali melakukan perjalanan lewat udara. Karena Anda harus mengantisipasi waktu selama perjalanan, seperti macet di jalan dan melakukan pemeriksaan berupa keamanan di bandara, seperti check in, berjalan ke ruang boarding, dan mencari terminal keberangkatan sesuai maskapai penerbangan yang telah Anda pesan.

  • Jangan Grogi Saat Dilakukan Pemeriksaan Keamanan:

Ketika Anda di bandara, akan dilakukan pemeriksaan keamanan hingga dua kali. Untuk itu, jangan terlihat seperti orang yang grogi, Anda harus tetap tenang dan santai. Untuk mempercepat proses pemeriksaan keamanan pertama, saat melewat metal detector sebaiknya Anda melepas segala aksesoris yang mengandung logam, seperti jam tangan, gelang, smartphone, uang receh dll, dan ditaruh di tas kecil. Khusus aksesoris mengandung logam tadi, agar tidak menghambat jalannya antrean

Pemeriksaan keamanan yang kedua adalah ketika Anda masuk ke ruang tunggu  bandara sebelum naik pesawat. Metal detector tentu akan Anda lewati dan di sini fokus pada pemeriksaan pada benda–benda yang mengandung cairan yang Anda bawa. Usahakan jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin pesawat. Karena pihak keamanan pesawat akan mengambil cairan yang melebih 100 ml tersebut untuk diamankan.

  • Check In 30 Menit Sebelum Penerbangan:

Perlu Anda ingat, batas waktu check-in 30 menit sebelum keberangkatan pesawat udara. Aturan batas waktu check–in telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18.

Tibalah di bandara lebih awal, agar perjalanan penerbangan Anda aman dan nyaman selamanya. Check-in di Bandara merupakan prosedur resmi maskapai penerbangan yang akan mencatat setiap calon  penumpang yang datang ke dalam data manifes penerbangan mereka. Untuk itu setelah sampai di bandara, carilah loket check-in sesuai nama maskapai penerbangan Anda.

Dalam proses check-in Anda akan dimintai oleh petugas check-in tiket pesawat atau print out tiket elektronik jika Anda memesannya lewat layanan online. Selain itu, Anda juga akan dimintai bukti identitas resmi seperti KTP dan barang bawaan Anda  juga akan ditimbang sebelum masuk ke bagasi pesawat.

Nah, dalam proses check-in, Anda akan diberikan boarding pass yaitu kartu yang diberikan kepada penumpang naik pesawat. Penumpang yang telah mendapatkan boarding pass bisa masuk ke dalam pesawat dengan kelas, kompartemen, dan nomor tempat duduk.

  • Siap-Siap Menunggu Pesawat Di Ruang Boarding:

Setelah Anda mendapatkan boarding pass. Anda akan mendapat petunjuk gate di mana Anda harus menunggu pesawat. Setelah menunggu pesawat di ruang boarding, panggilan pesawat Anda akan menggaung di ruang boarding dan Anda siap-siap mengantre naik ke dalam pesawat.

Semoga 5 tips mudik lewat udara untuk pemula di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Tetap selalu budayakan penerbangan yang selamat, aman dan nyaman.

You may also like