Home Tips 6 Tips Berpergian Dengan Pesawat

6 Tips Berpergian Dengan Pesawat

by Fery Ferdiansyah
6 Tips Berpergian Dengan Pesawat

Berpergian dengan pesawat—Naik pesawat terbang saat mudik memang sangat efektif bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Efektif dari segi waktu, keselamatan dan kenyamanan Anda. Namun di antara kita masih banyak yang  awam dan baru  pertama kali naik pesawat ketika mudik ke kampung halaman dan kadang masih bingung dengan tata cara panduan naik pesawat, seperti dari tahap yang paling dasar yakni beli tiket sampai proses landing pesawat.

Namun saat ini Anda jangan khawatir, karena kami akan bagikan tips berpergian dengan pesawat bagi pemula seperti Anda di bawah ini, yang semoga saja bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat saat mudik.

Panduan naik pesawat untuk pemula ini, kami akan bagi dalam beberapa bagian-bagian terpenting seperti beli tiket, check ini, boarding, takeoff, landing, transit, pembatalan sampai refund

  • Tips Membeli Tiket Pesawat:

Membeli sebuah tiket pesawat di era teknologi seperti halnya sekarang, sebenarnya sangatlah mudah. Yakni Anda bisa memesannya lewat smartphone Anda. Mudah dan hemat waktu. Anda bisa memesannya lewat beberapa situs maskapai atau di beberapa situs pemesanan tiket yang terpercaya. Namun jika anda tidak bisa memesan tiket lewat online dikarenakan beberapa sebab. Anda bisa datang ke travel agent atau ticketing di kota Anda.

  • Tips Check in Di Bandara:

Secara harfiah check in dalam dunia pesawat berarti menukar kode booking Anda dengan boarding pass (Tiket Pesawat). Saat Anda mudik dengan pesawat, kami sarankan jangan terlalu membawa barang banyak. Karena menurut peraturan maskapai penerbangan, kalau barang sudah melewati standar maksimum bagasi, maka Anda akan dikenai biaya tambahan. Standar membawa barang ke dalam bagasi pesawat di antara kisaran 15kg s/d 20kg. Ingat jangan sampai melebihi over bagasi.Karena siap-siap Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Perlu diketahui oleh Anda yang baru pertama kali naik pesawat. Saat sedang melakukan check in, Anda harus membawa kartu identitas Anda, seperti KTP, Passport atau SIM dan tentu jangan lupa membawa kode booking. Nama di tiket harus sama dengan nama di kartu identitas. Saat masuk bandara anda dan barang bawaan anda akan di cek  ke security door.

Batas waktu penutupan loket check–in di bandara adalah 30 menit sebelum keberangkatan pesawat. Hal ini telah di atur dalam ketentuan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18.

  • Tips Boarding Pesawat :

Boarding secara harfiah berarti persiapan pemberangkatan pesawat terbang. Menurut aturannya, boarding dalam pesawat biasanya berkisar di antara 20 s/d 30 menitan. Tergantung situasi bandara dan pesawat yang Anda tumpangi. Perlu Anda catat, jika Anda berangkat jam 8  pagi, maka kami sarankan Anda datang jam 6.30 (90 menit sebelum berangkat) untuk jaga-jaga dalam perjalanan ke bandara, seperti macet atau hal lain yang tidak diinginkan. Untuk checkin  jam 7.40 (sekitar 20 menit sebelum terbang). Biasanya sudah boarding.

  • Tips Take off:

Take off adalah bagian paling beresiko dan krusial dalam penerbangan. Maka disarankan oleh para pakar, yakni Anda dipastikan sudah memasang sabuk pengamanan dengan benar dan perlu Anda ingat, jangan lupa matikan perangkat elektronik Anda. Karena jika Anda tidak mematikannya, bisa fatal akibatnya.  Anda baru boleh mengaktifkan alat elektronik “Dengan Mode Pesawat” saat sudah di udara dan lampu sabuk pengaman sudah off.

  • Tips Saat Pesawat Terbang Di Udara:

Jika Anda melalui penerbangan jarak jauh di atas 6 jam. Anda bisa melawan kebosanan Anda dengan melihat pemandangan di luar pesawat atau Anda bisa membaca buku, majalah, mendengarkan musik dll.

  • Tips Saat Landing Pesawat:

Saat pesawat akan landing, 15 menit sebelumnya Anda akan diberi tahu lewat speaker oleh pilot pesawat Anda. Anda diharuskan untuk mengencangkan sabuk pengamanan dan tegakkanlah sandaran kursi Anda. Saat landing, Anda juga harus bersikap tenang, rileks dan berdoa.

Semoga 6 tips berpergian dengan pesawat di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat terbang dan bisa Anda jadikan referensi utama Anda. Sekian dan terima kasih.

You may also like