Home Edukasi 7 Cara Cantik Menciptakan Web Design yang Bikin Betah Visitor

7 Cara Cantik Menciptakan Web Design yang Bikin Betah Visitor

by Fery Ferdiansyah
Menciptakan Web Design yang Bikin Betah Visitor

Teknologi acap kali mengalami perkembangan yang membuat pemenuhan kebutuhan manusia semakin dimudahkan. Contohnya seperti kebutuhan informasi praktis yang juga semakin dicari. Maka  wajar saja jumlah website dari waktu ke waktu mengalami peningkatan mengingat adanya website, bisnis baru Anda akan semakin mudah dikenal karena website dapat menjadi lapak bisnis yang menjanjikan.

Dengan demikian, Anda perlu pintar menciptakan website menarik agar visitor Anda betah membaca konten yang Anda sajikan. Hal tersebut bahkan akan membuat website Anda dapat bartender di page satu google hingga rupiah Anda semakin banyak terkumpul.

Menciptakan Web Design yang Bikin Betah Visitor
Menciptakan Web Design yang Bikin Betah Visitor

Menarik bukan? So, jangan asal-asalan membuat website, dan pastikan Anda menerapkan 7 hal ini agar visitor betah:

1. Ciptakan Website yang Responsif

Bagi para penyedia jasa pembuatan website, menampilkan tampilan website yang bisa menyesuaikan dengan ukuran layar smartphone, atau yang disebut website responsif, sudah menjadi keharusan bagi hampir setiap klien.

Smartphone dan destop tentunya memiliki kecepatan browsing dan luas screen yang berbeda. Dengan demikian, posisikan diri Anda sebagai visitor google yang ingin mendapatkan kemudahan mengakses website Anda baik melalui smartphone maupun destop.

Oleh sebab itu, ciptakanlah website yang responsif, yakni website yang dapat menyesuaikan ukurannya saat dilihat diberbagai macam perangkat.

Anda dapat belajar caranya melalui website dengan HTML. Dengan website yang responsif, visitor dapat membaca seluruh informasi pada website Anda baik melalui smartphone maupun destop dengan nyaman.

2. Ciptakan Navigasi yang Mudah Diakses

Saat membuka website tertentu, pastinya visitor ingin agar dipermudah mendapatkan informasi pilihan pada menu website Anda tawarkan. Dengan demikian, cara lain yang perlu Anda terapkan untuk menciptakan website yang membuat visitor betah adalah dengan menyediakan navigasi yang jelas, tersusun rapi serta intuitif sehingga visitor mudah mengaksesnya.

Anda dapat memposisikan menu utama pada navigasi atas. Informasi yang tidak terlalu penting seperti link bisa Anda simpan dibagian bawah. Selain itu, jangan lupa mencantumkan footer serta kontak yang jelas agar visitor mudah menghubungi Anda.

3. Konsisten Pada Logo, Font, Warna dan Branding

Penggunaan branding juga sangat penting pada pembuatan sebuah website. Hal ini dapat meyakinkan visitor akan identitas website Anda. Dengan demikian, coba lebih serius lagi dengan membuat brand pada website yang disertai logo yang konsisten.

Gunakan pula foto yang eye-catching dan pastikan foto yang Anda pilih dapat menyempurnakan desain sesuai tema dan tujuan website.

Jangan terlalu berlebihan menggunakan warna. Cukup gunakan 2 hingga 3 warna yang kalem dan tidak mencolok.

4. Ciptakan Key phrase Headline yang Persuasif

Peran headline sangat penting pada sebuah website. Pada headline lah visitpr biasanya menetukan untuk membaca informasi pada headline atau bahkan beralih pada website lain. Dengan demikian, bermainlah dengan diksi untuk membuat key phrase yang menarik. Pastikan headline pada website Anda bersifat persuasif yang dapat membuat visitor berhenti untuk mengklik dan membacanya lebih jauh lagi.

5. Tampilkan Informasi Penting Pada The Fold Area

Terkadang visitor sangat malas jika harus mendapatkan informasi dengan cara scroll kebawah. Terlebih ketika visitor dalam keadaan terburu-buru. Dengan demikian, menampilkan informasi penting dan utama pada bagian atas the fold area merupakan salah satu cara agar visitor mendapatkan informasi yang diinginkan secara cepat dan tepat di website Anda

Dengan demikian website Anda lebih viewable dan visitor dapat menangkap informasi terpenting website Anda tanpa harus scroll terlalu panjang kebawah.

6. Pilihlah Standar Layout

Visitor umumnya tidak menyukai website dengan layout yang berlebihan dan mencolok. Jadi, cukup ciptakan website dengan standar layout saja tetapi tetap memperhatikan kerapihan navigasi pada menu.

Apalagi, ada layout dan template tertentu yang bisa memperlambat kecepatan loading website Anda dikarenakan terlalu banyak area gambar. Menurut salah satu penyedia layanan jasa SEO Jakarta, kecepatan loading yang lambat bisa berdampak negatif pada ranking website Anda di Google, sehingga hal ini perlu sangat diperhatikan.

7. Jawab Semua Pertanyaan dari Visitor

Inilah fungsi dari adanya kontak pada website, adalah untuk mempermudah komunikasi antara Anda dengan visitor. Anda juga perlu responsif pada setiap pertanyaan visitor Anda, agar visitor betah untuk kembali berkunjung.

Selain ke 7 cara diatas, untuk menciptakan website yang membuat visitor betah, Anda juga perlu memperhatikan widget yang Anda gunakan. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan widget yang tidak perlu karena hal tersebut justru kurang disukai visitor. Nah, bagaimana, sudah siap menciptakan web design yang menarik?

You may also like