Home Tips 7 Tips Ampuh Menghindari Mabuk Udara

7 Tips Ampuh Menghindari Mabuk Udara

by Fery Ferdiansyah
7 Tips Ampuh Menghindari Mabuk Udara

Di antara kita masih banyak yang sering mengalami mabuk udara saat sedang mudik dengan pesawat terbang apalagi dengan perjalanan udara yang memakan waktu cukup lama dan hal ini tentunya membuat perjalanan mudik Anda dengan pesawat menjadi sedikit tersiksa dan terbebani.

7 Tips Ampuh Menghindari Mabuk Udara
7 Tips Ampuh Menghindari Mabuk Udara

Mabuk udara biasanya disebabkan oleh kesehatan Anda yang sedang kurang stabil saat melakukan perjalanan panjang dengan pesawat terbang. Yang membuat Anda mudah terserang pusing dan mual. Jadi sebelum Anda akan melakukan perjalanan panjang dengan pesawat, sebaiknya Anda mengikuti tips ampuh menghindari mabuk udara saat berada di dalam pesawat, berikut ini.

  • Hindari Makanan Berkarbohidrat Dan Kadar Gula Yang Tinggi:

Jika Anda akan melakukan perjalanan panjang dengan pesawat, sesaat sebelum pemberangkatan hindarilah makanan yang mengandung karbohidrat maupun kadar gula yang tinggi karena akan memacu pusing dan mual ketika adrenalin Anda mendadak meningkat. Untuk itu, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan protein yang cukup.

  • Sediakan Permen Dengan Rasa Peppermint:

Sebaiknya Anda menyediakan permen dengan rasa peppermint saat di pesawat. Untuk menghilangkan rasa pusing dan mual. Jika sudah dirasa mulai pusing dan mual, hiruplah aroma permen rasa pepperminttersebut beberapa saat.

  • Pilih Posisi Tempat Duduk Yang Tepat:

Menentukan posisi tempat duduk juga harus dilihat dari kondisi kesehatan Anda. Jika Anda adalah orang yang takut akan ketinggian, lalu mudah terserang pusing dan mual, sebaiknya hindari posisi duduk dekat jendela.

  • Makan dan Minum Yang Cukup:

Dengan mengkonsumsi makan dan minum yang cukup sebelum melakukan perjalanan pesawat yang panjang, maka Anda akan terhindar dari gejala mual dan pusing. Jangan biarkan perut Anda kosong di dalam pesawat. Usahakan makan dan minum secukupnya. Jangan sampai makan terlalu berlebihan, karena perut yang kekenyangan membuat Anda pasti mual di dalam pesawat.

  • Tetap Jaga Kefokusan Anda:

Salah satu penyebab mabuk udara bagi para pemula dalam naik pesawat, adalah sikap nervous, tegang dan cemas, karena ketakutan berlebih pasti berpengaruh dengan adrenalin Anda yang menyebabkan terjadinya mual dan pusing.

Followers kami, sering mengalami sikap-sikap seperti itu dan sering bertanya kepada kami, jawaban kami adalah tetap jaga kefokusan Anda, percayalah kalau penerbangan Anda akan selamat, aman dan nyaman. Menjaga fokus, menghindari pikiran-pikiran negafit, dan tetap berdoa. Maka semua akan baik-baik saja. Jangan sampai pikiran Anda terbebani oleh hal-hal yang belum terjadi.

  • Jangan Membaca Buku Saat Pesawat Tidak Stabil:

Jangan pernah membaca majalah, buku, atau komik ketika laju pesawat sedang tidak stabil atau mengalami beberapa guncangan di udara, karena hal tersebut bisa mengakibatkan pusing dan mual secara bersamaan.

Tentu kondisi ini pasti bisa datang secara mendadak. Jika pesawat sedang mengalami guncangan, sebaiknya Anda tenang, bersandar, dan rileks. Usahakan pikiran Anda tetap fokus. Simpanlah majalah, buku atau komik Anda terlebih dulu. Kalau pesawat sudah stabil kembali. Usahakan segera minum air putih baru kemudian membaca buku kembali.

  • Minum Obat Anti Mabuk:

Tips terakhir untuk mengatasi mabuk udara adalah dengan meminum obat anti mabuk, sesaat pesawat akan landing. Namun perlu Anda ingat, dengan meminum obat anti mabuk, maka akan akan mudah terserang kantuk berlebih saat penerbangan.

Jadikan selalu perjalanan penerbangan kita selamat, aman dan nyaman dengan melakukan beberapa persiapan-persiapan di atas dalam menangkal mabuk dalam perjalanan udara.

You may also like