Home Tips Apa Itu Pesawat Transit?

Apa Itu Pesawat Transit?

by Fery Ferdiansyah
Apa Itu Pesawat Transit

Terbang menggunakan pesawat memang sebuah pengalaman yang mengasyikkan. Berpergian melalui jalur udara sungguh pengalaman menyenangkan, karena selain nyaman juga bisa membantu Anda menempuh jarak jauh dengan waktu tempuh yang tergolong singkat. Pesawat juga memungkinkan Anda mengunjungi pulau-pulau kecil di Indonesia.

Namun, pada beberapa rute penerbangan, Anda harus mematuhi kebijakan pesawat transit.

Lalu, apa itu pesawat transit?

Pesawat transit adalah pesawat yang berhenti di terminal bandara sebuah tempat (bisa berupa daerah juga bisa berupa negara) karena beberapa alasan. Bisa karena kebijakan maskapai, bisa juga karena kebijakan bilateral sebuah negara untuk meningkatkan traffic turis di negaranya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sajikan beberapa ulasan singkat tentang pesawat transit.

Pesawat Transit Satu Maskapai

Pesawat transit adalah pesawat yang diharuskan melakukan pemberhentian di sebuah bandara. Pesawat transit pun, biasanya bisa dari satu bendera maskapai, bisa juga dari beda maskapai. Namun, kebanyakan juga adalah satu maskapai, untuk beberapa rute penerbangan domestik. Untuk melakukan transit pesawat, biasanya penumpang diharuskan melewati beberapa prosedur. Berikut ini adalah prosedurnya.

  • Pertama, tidak diminta turun.

Penumpang tidak diminta untuk turun. Biasanya akan diumumkan oleh petugas pesawat. Anda hanya perlu menunggu di dalam pesawat untuk beberapa saat sampai pesawat lepas landas lagi.

Namun, sebaiknya saat Anda masih duduk di kursi pesawat, Anda pun melakukan konfirmasi kepada petugas bahwa Anda adalah penumpang pesawat transit. Hal ini agar pihak pesawat tidak menurunkan barang Anda yang ada pada bagasi.

  • Kedua, diminta turun untuk menunggu di gate

Penumpang juga bisa diminta untuk ikut turun. Penumpang diminta untuk sejenak menunggu di lounge gate bandara. Anda harus ikut turun bersama para semua penumpang. Namun, bila penumpang yang turun belok ke pintu keluar, Anda seharusnya belok ke pintu masuk gate bandara. Di sanalah Anda nantinya diharuskan untuk menunggu keberangkatan selanjutnya.

  • Ketiga, diminta turun untuk ganti pesawat.

Namun, ada pula pesawat transit satu masakapai yang juga mengharuskan Anda turun untuk ganti pesawat. Hal ini dimungkinkan karena pesawat yang Anda tumpangi memang melakukan rute perjalanan yang berbeda sehingga Anda harus menaiki pesawat lain dengan jurusan yang ingin Anda tuju.

Juga bisa disebabkan karena pesawat Anda terlalu kecil untuk melakukan perjalanan rute penerbangan yang ingin Anda tuju.

Maka, selain harus turun, Anda pun sebaiknya melakukan konfirmasi dengan petugas pesawat agar barang-barang Anda yang ada di bagasi pesawat ikut dipindahkan dari pesawat yang lama. Untuk itu, Anda harus tetap menyimpan tiket boarding untuk nantinya dijadikan bukti waktu memindahkan barang di bagasi Anda.

Pesawat Transit Beda Maskapai

Sedangkan pesawat transit beda maskapai adalah pesawat yang transit dan mengharuskan Anda meneruskan perjalanan dengan maskapai lain. Biasanya, hal ini disebabkan karena maskapai penerbangan itu melakukan perjalanan penerbangan dalam rute yang terbatas. Sehingga, untuk melayani perjalanan rute Anda, maskapai itu tidak bisa. Maskapai itu akhirnya bekerjasama dengan maskapai lain untuk mengangkut penumpangnya itu.

Dalam kondisi ini, tentu saja Anda pun diminta turun. Ketika turun Anda harus menunjukkan tiket boarding passA nda kepada petugas.Selain itu, barang-barang yang ada di bagasi juga harus diturunkan pula. Nantinya, akan diteruskan pada pesawat dengan maskapai yang berbeda.

Nantinya Anda pun harus melewati proses pemeriksaan administrasi yang sama lagi dengan waktu awal penerbangan.

You may also like