Home Kesehatan Apa itu Vaksin? Apakah Bermanfaat untuk Kita?

Apa itu Vaksin? Apakah Bermanfaat untuk Kita?

by Fery Ferdiansyah
Apa itu Vaksin

Apa itu vaksin? tentu banyak sebagian orang akan mengartikan vaksin sama halnya dengan imunisasi. Sebenarnya tidak salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Meskipun mempunyai tujuan yang sama yaitu mencegah agar tubuh tidak sakit, Tetapi sebenarnya vaksinasi dan imunisasi mempunyai arti yang berbeda.

Fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini adalah vaksinasi hanya dilakukan untuk balita saja. Orang dewasa juga perlu untuk melakukan vaksinasi agar membantu terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan, yang tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu.

Vaksinasi sangat penting dilakukan karena mampu menghasilkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Hal tersebut tentu berdampak positif terhadap pencegahan penyakit menular sehingga tubuh akan senantiasa mampu menangkal berbagai virus dan bakteri berbahaya.

Manfaat Vaksin

Seperti yang sudah kita bahas diatas tersebut. Banyak sekali manfaat vaksin yang bisa kita peroleh. Manfaat dari vaksinasi adalah mencegah penyebaran penyakit, melindungi dari resiko kematian dan cacat sehingga perlu untuk dilakukan sejak dini agar minim resiko penyebaran penyakit pada tubuh kita.

Salah satu manfaat utama dari pemberian vaksinasi adalah untuk merangsang pembentukan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Beberapa vaksinasi yang wajib diberikan kepada manusia, yaitu hepatitis B, polio, BCG, DTP, dan campak.

Sudah jelas sekali bagaimana manfaat vaksinasi terhadap tubuh kita. Bagaimana Melalui vaksinasi, kita dapat melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit mematikan. Maka dari itu, vaksinasi dapat mencegah beberapa penyakit infeksi dan terdapat beberapa vaksin baru yang memiliki potensi untuk melindungi dari lebih banyak penyakit.

Cara Kerja Vaksin

Nah sekarang mari kita simak bagaimana cara kerja dari vaksinasi tersebut. Ketika sistem kekebalan tubuh terpapar pada organisme penyebab penyakit baru seperti virus atau bakteri, saat ia melawannya, ia juga belajar mengenali organisme itu.

Nah maka dari itu, Ini berarti bahwa jika orang tersebut terpapar organisme yang sama lagi, sistem kekebalan tubuh dapat dengan cepat membuat antibodi untuk menyerang itu, dan melindungi orang tersebut dari sakit dan menyebarkan penyakit. Secara cepat, tubuh akan membentuk zat kekebalan tubuh.

Rekomendasi Tempat Vaksin Terbaik

Apakah vaksinasi hanya diperlukan untuk balita saja? Tidak, Pada dasarnya vaksinasi tidak hanya diberikan kepada balita. Orang dewasa dan usia lanjut juga membutuhkan vaksinasi apabila memang secara medis diperlukan.

Untuk itu, langkah tepat untuk melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit mematikan adalah melakukan vaksinasi. Lalu, dimana tempat terbaik untuk melakukan vaksinasi?

Anda tidak perlu binggung, anda bisa melakukan vaksinasi melalui Halodoc. Halodoc aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan terlengkap dan terpercaya. Selain itu, akan membantu anda dengan mudah menemukan lokasi penyedia vaksinasi yang terdekat di daerah Anda.

Seperti halnya anda berada di kota Medan, anda bisa menemukan lokasi Vaksin Medan dengan cara membuka Halodoc dan pilih cari dokter kemudian anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda. Semoga informasi diatas termanfaat untuk anda.

 

You may also like