Home Tekno Cara Mencadangkan Wa GB Ke Google Drive, Pasti Berhasil

Cara Mencadangkan Wa GB Ke Google Drive, Pasti Berhasil

by Fery Ferdiansyah
Cara Mencadangkan Wa GB Ke Google Drive, Pasti Berhasil

Whatsapp GB merupakan aplikasi whatsapp modifikasi (mods), sehingga dianggap illegal. Jadi, cara mencadangkan WA GB ke Google Drive tidak bisa dilakukan secara otomatis. Pencadangan whatsapp GB tetap dapat dilakukan, namun secara manual. Berikut uraian langkahnya:

1. Buka Menu Pencadangan Chat

Langkah pertama untuk melakukan pencadangan chat pada Whatsapp GB adalah dengan menjalankan aplikasi tersebut dalam ponsel cerdas yang digunakan. Situs starpetrochem.co.id merupakan salah satu penyedia yang bisa pengguna andalkan untuk mengunduh file apk Whatsapp modifikasi ini.

Setelah aplikasi GB Whatsapp dibuka, akses menu dengan mengetuk ikon berupa 3 titik sejajar pada GB Whatsapp. Selanjutnya ketuk opsi ‘Setelan’, lalu buka menu ‘Chat’. Pengguna akan menemukan opsi pencadangan chat ke memori internal atau google drive.

2. Cadangkan Ke Penyimpanan Internal

Pada menu pencadangan chat, sebaiknya pilih opsi cadangkan chat ke memori Internal ponsel. Pengguna memang bisa memilih pencadangan chat langsung ke Google Drive. Namun cara ini jarang berhasil, sebab aplikasi GB Whasapp serta aplikasi wa mod lainnya dianggap illegal.

Untuk menjalankan pencadangan, ketuk tombol ‘Cadangkan Chat’. Tunggu hingga proses pencadangan selesai dengan sabar. Ini akan memakan waktu selama beberapa menit, bergantung banyaknya pesan dalam whatsapp yang dicadangkan.

3. Ubah kedalam bentuk Zip atau Rar

Langkah cara mencadangkan Wa GB ke Google Drive selanjutnya adalah mengubah file cadangan whatsapp GB yang tersimpan ke dalam bentuk zip atau rar. Ketika proses pencadangan selesai, pengguna akan menemukan file dengan nama msgstore.db.crypt14 dalam folder database GB Whatsapp. Ubah file tersebut kedalam bentuk zip atau rar.

Caranya buka folder ‘GBWhatsapp’ melalui aplikasi File Manager yang terinstall dalam smartphone. Selanjutnya cari folder Database di dalamnya. Jika sudah ketemu, ketuk folder tersebut lalu pilih opsi untuk mengkompres berkas dalam bentuk zip atau rar.

4. Upload ke Google Drive

Setelah folder database GB WhatsApp tersimpan dalam bentuk zip atau rar, pengguna kini sudah bisa meng-upload file cadangan chat ini ke Google Drive. Caranya, buka aplikasi Google Drive terlebih dahulu dalam ponsel. Pengguna bisa membukanya via App Google Drive atau melalui web browser dengan mengakses link https://www.google.com/drive/.

Untuk mengupload file cadangan Wa GB tersebut, ketuk ikon ‘New’ yang berupa tanda ‘+’ warna-warni. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu upload, pilih opsi ‘File Upload’. Akses folder dimana file zip cadangan pesan GB Whatsapp disimpan. Kemudian ketuk tombol ‘Open’ setelah file tersebut dipilih.

5. Cek Penyimpanan

Segera setelah tombol ‘open’ diketuk, sistem akan memulai proses upload file terpilih ke dalam penyimpanan di google drive pengguna. Tunggu hingga proses upload selesai. Setelah itu, cek kembali isi google drive. Untuk memastikan file cadangan pesan tersebut telah tersimpan dalam Google Drive.

File cadangan yang tersimpan dalam google Drive ini bisa pengguna unduh kembali dilain waktu. Misalnya untuk me-restore kembali pesan GB Whatsapp, setelah melakukan instalasi ulang aplikasi tersebut.  Cadangan ini bisa pengguna simpan sampai kapanpun. Namun jika ingin menyimpan cadangan lainnya, sebaiknya hapus terlebih dahulu file yang lama agar tidak memenuhi penyimpanan di google drive.

Demikian cara mencadangkan Wa GB ke Google Drive dengan cara mengubahnya kedalam bentuk zip. Jika ingin menyimpannya dalam bentuk aslinya yaitu ‘.crypt14’, pengguna harus membackupnya melalui whatsapp resmi terlebih dahulu. Sayangnya cara ini cukup rumit untuk dilakukan.

You may also like