Home Tekno Cara Mengecek Plagiarisme

Cara Mengecek Plagiarisme

by Fery Ferdiansyah

Plagiarisme merupakan suatu kegiatan yang ilegal. Tak hanya di dunia nyata, di Internet sekalipun, banyak ditemukan tindakan plagiarisme. Plagiarisme dalam internet lebih tepat mengarah pada artikel dan konten tulisan serupa lainnya. Tak jarang ditemukan pada blog-blog untuk meningkatkan traffic dan mengejar pendapatan iklan.

Tindakan plagiarisme ini, tentunya membuat resah dan menimbulkan dampak negatif bagi pemilik tulisan. Untuk itu, DomaiNesia akan menjelaskan cara mengecek plagiarisme dengan mudah. Tentunya akan membantu kamu mengecek tulisan orang lain. Bisa juga untuk mengecek tulisanmu sendiri, apakah kamu meng-copy tulisan orang lain? Kamu akan tahu jawabannya. Simak artikel berikut ya!

1.  Dampak Negatif Plagiarisme

Sebelum mengetahui cara mengecek plagiarisme, berikut ini merupakan dampak negatif yang ditimbulkan karena perilaku plagiarisme. Berikut ini dampak negatifnya.

  • Merugikan penulis original, dengan memplagiasi karya tulisan orang lain. Kamu sudah merugikan penulis aslinya. Baik secara materiil maupun immateriil. Untuk materiil, bisa saja penulis kehilangan pendapatannya karena, bisa jadi, menulis merupakan salah satu profesinya. Sedangkan untuk immateriil, penulis bisa jadi takut dan enggan menulis karya tulis lainnya karena merasa kapok jika perbuatan plagiarisme tulisannya kembali terulang.
  • Tidak percaya diri dengan karya sendiri, semakin sering kamu melakukan plagiarisme. Kamu akan merasa tulisanmu jauh dari kata ‘layak’ untuk dipublikasikan. Sehingga kamu menjadi tidak bisa berkembang dan akan terus menerus melakukan plagiarisme.
  • Tidak bisa mengembangkan kemampuan menulis, Berhubungan dengan alasan sebelumnya. Jika kamu melakukan plagiarisme, maka semakin kecil kesempatan untuk kamu mengembangkan tulisan dengan gaya bahasamu sendiri. Kamu sudah terbiasa mencomot karya orang lain sehingga tidak mampu untuk mengembangkan kemampuan menulis diri sendiri.
  • Banyak Artikel di Google yang sama, duplikasi artikel di Google menjadi salah satu ancaman bagi para pencari informasi di internet. Kamu tentu saja tidak ingin jika setiap website memiliki artikel yang sama persis kan? Sehingga apa yang kamu cari rasanya tidak menemukan solusi dan jalan keluarnya.
  • Terkena Google penalty, parahnya kamu akan mendapat penalty dari Google jika melakukan tindakan plagiarisme. Google penalty merupakan hukuman yang diberikan Google kepada website yang terindikasi melakukan pelanggaran terhadap peraturan google yang berlaku. Bisa saja website mu akan di take down Google jika melakukan plagiarisme.

2.  Cara agar tulisan tidak plagiat

Kenyataannya, saat ini kita memanglah tidak bisa membuat karya yang 100% orisinil. Semua ada dasarnya, asal-mula, dan bantuan konsep lainnya.  Tapi setidaknya kita tidak boleh 100% memplagiat karya seseorang. Nah, sebelum kamu mengecek plagiarisme, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba agar tulisan terbebas dari plagiarisme

  • Mengumpulkan berbagai referensi, ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk membuat artikel orisinil. Yakni dengan mengumpulkan berbagai sumber topik yang ingin kamu bahas, kemudian merangkum inti dari keseluruhan tulisan. Setelah itu tulislah inti-inti dari semua artikel menjadi satu artikel saja.
  • Menulis ulang dengan bahasa sendiri, cara lainnya adalah dengan menulis ulang sebuah artikel dengan bahasa sendiri. Istilah lainnya adalah rewrite dan paraphrase. Caranya adalah dengan membaca satu artikel, kemudian tulis ulang artikel tersebut berdasarkan apa yang sudah kamu baca. Gunakan bahasamu sendiri untuk mendeskripsikan poin artikel tersebut biar lebih jelas. Dengan begitu kamu sudah berhasil membuat satu karya tulis orisinil.
  • Menggunakan sitasi, jika beberapa tulisan dalam karya tulismu mengambil dari karya tulis orang lain. Maka cara yang paling bijaksana adalah dengan menggunakan sitasi. Ada banyak sekali panduan sitasi yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya seperti MLA Style, APA Style, Chicago dan Turabian Style.

3.  Website yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme

Nah setelah kamu paham dampak negatif dan cara membuat karya tulisan bebas plagiarisme. Sekarang DomaiNesia akan menjelaskan beberapa website untuk mengecek Plagiarisme yang bisa kamu gunakan.

Sebenarnya ada banyak sekali website yang bisa membantu kamu mengecek plagiarisme, berikut ini tiga website rekomendasi yang bisa kamu coba.

a.   Copyscape

Copyscape.com merupakan website untuk mengecek plagiarisme melalui sebuah link secara gratis. Paling umum digunakan untuk menelusuri pencurian konten artikel dari sebuah website. Cara mengecek plagiarisme melalui Copyscape pun cukup mudah, yakni tinggal memasukan link website yang ingin dicek, kemudian secara otomatis Copyscape akan melakukan pengecekan dan mengukur kemiripan konten yang ada di internet. Jika artikel dinyatakan plagiat, akan ada list atau sumber dari mana artikel tersebut berasal. Namun dalam versi gratisnya, ada batasan penggunaan untuk mengecek plagiarisme. Sehingga jika kamu ingin mendapat akses lebih, bisa menggunakan versi premium.

b.   Small SEO Tools

Smaallseotools.com merupakan salah website untuk mengecek plagiarisme secara gratis tanpa perlu mendaftar. Tak hanya menggunakan link, kamu bisa mengecek plagiarisme langsung dengan meng-copy tulisan langsung ke dalam kotak yang tersedia.

Kamu juga tidak diharuskan registrasi jika ingin menggunakan Small SEO Tools. Namun sayangnya, kamu hanya memiliki batas maksimal 1000 kata untuk setiap pengecekan plagiarisme.

c.   Unicheck

Unicheck.com merupakan layanan berbayar yang sangat direkomendasikan untuk mengecek tulisan plagiarisme atau tidak. Biasanya penggunanya adalah mahasiswa/siswa atau instansi akademik yang membuat karya tulis untuk keperluan pendidikan. Tak hanya terbatas pada urusan akademik, unicheck juga bisa untuk keperluan personal dan bisnis. Walaupun berbayar, unicheck sudah digunakan oleh satu juta orang di seluruh dunia. Dengan total file lebih dari 120 juta.

4.  Cara mengecek plagiarisme menggunakan Smallseotools.com

Berikut ini cara untuk mengecek plagiarisme menggunakan Smallseotools.com.

  1. Kunjungi Smallseotools.com
  2. Kemudian pilih ‘plagiarism checker’
  3. Selanjutnya, kamu diberi opsi untuk mengecek plagiarisme. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan yang ditawarkan.

Perhatikan gambar berikut untuk memperjelas.

  • Kamu bisa langsung meng-copy dan paste artikel yang sebelumnya sudah kamu salin melalui kotak tersebut.
  • Selain itu kamu bisa mengupload file tulisan dalam format (.tex, .txt, .doc, .docx, .odt, .pdf, .rtf).
  • Kamu juga bisa memilih file langsung dari penyimpanan online seperti Google Drive dan juga DropBox.
  • Selanjutnya kamu bisa menginput URL di kotak yang sudah di sediakan untuk langsung mengecek sebuah website apakah terindikasi melakukan plagiarisme atau tidak.

4. Setelah kamu memilih media apa yang akan kamu gunakan untuk mengecek plagiarisme konten kamu, maka selanjutnya kamu tinggal meng-klik Check Plagiarism.

5.Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekan selesai.

6. Setelah itu akan muncul pemberitahuan apakah artikel yang kamu cek tadi unik atau mengandung plagiarisme.

7. Jika kalimat mengandung unsur plagiarisme, kamu bisa membandingkan dengan sumber aslinya.

Stop Plagiarisme

Itulah cara mengecek  plagiarisme secara online. Ada beberapa dampak negatif dari adanya plagiarisme dan sepatutnya tidak untuk dibiarkan berkembang. Di era modern ini, kita junjung tinggi orisinalitas dalam pembuatan karya. Karya yang nantinya bisa memberikan manfaat bagi setiap orang yang membaca. Memang, membuat karya tulisan yang bagus adalah sebuah proses dan perlu waktu. Tapi jangan pernah takut untuk terus belajar.

You may also like