Home Kesehatan Cara Merawat Alat Bantu Dengar Dalam Telinga (ITE) Praktis

Cara Merawat Alat Bantu Dengar Dalam Telinga (ITE) Praktis

by Fery Ferdiansyah
Cara Merawat Alat Bantu Dengar Dalam Telinga (ITE) Praktis

Mempunyai gangguan pendengaran kini bisa dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar dalam telinga. Penggunaan alat ini memang tidak akan membantu orang yang mempunyai gangguan pendengaran sembuh, namun dapat membantu mendengarkan dengan lebih jelas, sehingga dapat berkomunikasi dengan lebih baik. Sebelum memutuskan untuk menggunakan alat bantu dengar ini, pengguna harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Sebelum membeli alat bantu dengar baiknya perlu diketahui bahwa tidak semua penderita gangguan pendengaran ini dapat menggunakan alat bantu dengar. Beberapa golongan yang bisa menggunakan alat ini adalah penyandang gangguan pendengaran konduktif, lansia, orang yang mempunyai penyakit pendengaran karena cidera atau konsumsi obat-obatan dan penyebab lainnya. Sebelum membelinya lakukan hal ini:

1. Konsultasi ke Audiolog

Untuk mengetahui penyebab gangguan pendengaran dan mendapatkan solusi yang tepat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke audiolog. Audiolog nantinya akan mengevaluasi penyebab gangguan telinga dan merekomendasi alat yang sesuai dengan kebutuhan dari penderita gangguan pendengaran. Ada banyak jenis alat bantu dengar yang bisa digunakan oleh penderita, baik itu analog maupun digital. Untuk melakukan konsultasi dan pembelian hearing aid bisa melalui Aqm-hearingcenter.com.

2. Membeli Alat yang Disesuaikan

Hearing aid atau alat bantu dengar mempunyai fitur yang berbeda beda. Sebelum membeli pengguna bisa meminta untuk mencoba terlebih dahulu hearing aid tersebut, dan mengkonsultasikan perihal mekanisme penggunaan hingga meminimalkan gangguan dari alat bantu dengar. Selain itu, bisa juga memilih hearing aid yang ada garansinya.

Cara Merawat Hearing Aid

Alat bantu dengar dalam telinga harus dirawat dan dijaga kebersihaannya agar bisa awet dan nyaman ketika digunakan. Alat yang digunakan untuk membersihkan hearing aid ini adalah sikat pembersih dan kawat khusus untuk membersihkan sela-sela bagian kecil dari hearing aid. Berikut ini cara membersihkan alat bantu dengar benar.

1. Membersihkan Seluruh Bagian Dengan Kain

Pertama pengguna harus melepaskan dulu hearing aid yang digunakan. Kemudian menyiapkan lap basah atau tisu basah untuk mulai membersihkannya. Lap keseluruhan bagian dari hearing aid tersebut dan bersihkan kotoran telinga yang menempel pada bagian hearing aid.

2. Membersihkan Bagian Kecil Dari Hearing Aid

Pada hearing aid jenis ITE (in the ear) akan menemukan bagian kecil-kecil pada hearing aid tersebut. Mulailah dengan menyikat bagian tersebut dan membersihkannya dengan menggunakan kawat pembersih khusus. Kotoran-kotoran tersebut bisanya menempel pada bagian mikrofon, hal ini tidak hanya berlaku untuk hearing aid model ITE tapi juga yang lainnya.

Bagian mikrofon adalah bagian yang membantu pengguna untuk bisa mendengar. Oleh karena itu bagian tersebut akan rentan tersumbat kotoran telinga. Bersihkan dengan hati hati hingga semua kotoran hilang. Jika tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat maka bisa menggunakan kawat khusus untuk membersihkan bagian-bagian kecil. Setelah dibersihkan keringkan hearing aid tersebut.

3. Ganti Wax Guard

Jika alat bantu dengar dalam telinga dirasa tidak maksimal, pengguna bisa mengganti Wax Guard dari alat tersebut. Wax Guard adalah pelindung bagian dalam dari alat bantu dengar. Karena bentuknya yang kecil maka untuk melepasnya bisa menggunakan alat khusus yang bentuknya kecil seperti tusuk gigi.

Itu tadi cara membersihkan alat bantu pendengaran dalam telinga (ITE) serta beberapa pertimbangan yang berkaitan dengannya. Sebaiknya konsultasikan dengan audiolog sebelum membeli hearing aid agar mendapatkan alat bantu dengar yang tepat. Setelah itu jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan alat bantu dengar tersebut, supaya bekerja dengan maksimal dan awet.

You may also like