Home Wisata Curug Malela, Air Terjun Eksotis di Bandung

Curug Malela, Air Terjun Eksotis di Bandung

by Fery Ferdiansyah
Curug Malela

Jika berbicara seputar tempat wisata di Bandung memang tak ada habisnya. Karena memang ada banyak sekali referensi tempat wisata di Bandung. Mulai dari wisata waterpark, theme park, hingga wisata alam air terjun. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang wisata air terjun. Air terjun di Jawa Barat disebut Curug. Dari sekian banyak curug di Bandung, Curug Malela menjadi salah satu wisata Curug yang sangat diminati wisatawan.

Yang menjadikan Curug Malela ini begitu digemari wisatawan ialah suguhan alamnya yang sangat mengagumkan. Tidak sekedar menawarkan keindahan alam yang nyata, tetapi juga tersimpan misteri hingga saat ini tentang Curug Malela di kalangan warga Bandung. Mungkin Anda penasaran?

Konon Curug Malela ini dikuasi oleh seorang Kakek yang bernama Eyang Tadjimalela. Menurut kabarnya, Kakek tersebut kerap muncul di kawasan Curug Malela ini. Inilah yang menjadi misteri dikalangan masyarakat setempat. Sehingga bila pengunjung datang ke sana harus berhati-hati dan tidak boleh bertingkah laku yang kurang berkenan. Memang sudah depatutnya bagi semua pengunjung harus berlaku sopan dan turut serta menjaga kelestarian alam wisata Curug Malela ini. Jangan sampai datang ke sana kemudian meninggalkan sampah-sampah yang menyebabkan kawasan wisata alam yang bersih menjadi tercemar sampah an-organik.

Curug Cilember ini sumbernya dari hulu sungai Utara Gunung Kendeng. Dimana gunung tersebut merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif di sebelah barat Ciwidey. Sungainya mengalir melewati kawasan Cidadap – Gunung Halu. Bila Anda datang ke lokasi, maka terkadang menjumpai binatang jenis monyet di sekitar Curug Malela. Monyet-monyet tersebut biasanya minum di air sungai Curug Malela.

Curug Malela memiliki keunikan tersendiri dibanding curug-curug lainnya. Dari kejauhan, air terjun Malela mengalir deras dan tampak berkilau. Keindahannya tersebut disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Bandung.  Bahkan tak seidkit yan menyebutnya sebagai Niagara mininya Indonesia. Bukan hal yang berlebihan, karena memang kondisi alamnya yang bagus, air terjun dan pemandangan di sekitarnya juga sangat mempesona. Sehingga sangat wajar bila curug ini disebut dengan segala sebutan yang bagus.

Artikel lain : 4 Objek Wisata di Ciamis yang Kekinian dan Instagramable

Bila Anda tertarik untuk mengisi waktu liburan di wisata alam Curug Malela ini, maka Anda harus tahu lokasi tepatnya. Curug Malela ini terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Anda bisa juga melihat peta lokasi di Google Map. Dengan bantuan GPS di smartphone, Anda bisa dengan mudah menuju ke kapung Manglid. Tetapi untuk menjangkau lokasi, Anda harus melakukan trekking dengan jalan kaki sob. Anda harus jalan kaki melewati kawasan hutan, perkebunan, perbukitan, hingga tiba di wisata alam air terjun ini.

Perjalanan menuju ke Curug Malela cukup melelahkan, karena memang harus melewati medan yang cukup sulit dan banyak bebatuan. Sehingga bila Anda berpertualang ke sana, maka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sob. Pastikan tubuh dalam kondisi yang fit dan juga tak lupa membawa bekal dan perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan. Baik itu dibutuhkan saat perjalanan maupun dibutuhkan ketika sudah tiba di lokasi wisata Curug Malela.

Curug Malela ini menyuguhkan keindahan yang sangat epic. Bentuk curnya cukup lebar, dengan debit air yang mengalir sangat deras melewati bebatuan yang berundak-undak. Dari kejauhan terlihat sangat eksotis dan memanjakan mata. Anda bisa juga berfoto dengan air terjun sebagai latar belakangnya. Namun Anda juga harus memperhatikan kondisi sekitar dan harus lebih berhati-hati, jangan sampai berada di area yang berbahaya.

Mungkin cukup itu saja informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda yang butuh referensi tempat wisata yang bagus dan menjadi buruan wisatawan. Maka, Curug Malela bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi sob.

You may also like