Home Wisata Hal-hal yang Dilarang Dilakukan di Dalam Pesawat Selama Penerbangan

Hal-hal yang Dilarang Dilakukan di Dalam Pesawat Selama Penerbangan

by Fery Ferdiansyah
Hal-hal yang Dilarang Dilakukan di Dalam Pesawat Selama Penerbangan

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi paling aman digunakan. Jika melihat perbandingan insiden kecelakaan pesawat dengan moda transportasi lainnya, insiden kecelakaan pesawat jauh lebih kecil. Hal ini disebabkan karena pengamanan sebelum penerbangan dilakukan secara berlapis dan pengecekan persiapan penerbangan dilakukan dengan sangat hati-hati. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama penerbangan, pihak maskapai penerbangan membuat peraturan yang sangat ketat. Selain aturan-aturan sebelum penerbangan seperti pemeriksaan ketat di bandara, terdapat beberapa peraturan tidak tertulis yang harus dipatuhi seluruh penumpang.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dilarang dilakukan di dalam pesawat selama penerbangan:

Menyalakan Telepon Selular

Salah satu hal yang dilarang dilakukan di dalam pesawat selama penerbangan namun sering dilakukan penumpang pesawat adalah menyalakan telepon selular atau handphone. Sebelum melakukan penerbangan, kru pesawat selalu mengingatkan penumpang untuk mematikan atau menonaktifkan semua alat komunikasi. Namun banyak di antara penumpang yang mengabaikan peringatan tersebut sebab menganggap bahwa menyalakan handphone selama penerbangan bukanlah pelanggaran serius dan tidak akan mengganggu penerbangan. Padahal, sinyal dari telepon selular dapat mengganggu sistem navigasi pesawat, yang tentu jika sistem navigasi pesawat telah terganggu akan berimbas pada keselamatan seluruh penumpang pesawat. Selain itu, gangguan frekuensi suara yang diakibatkan oleh sinyal alat komunikasi adalah akan mengganggu dan merusak suara asli pilot ketika berkomunikasi dengan pihak petugas tower.

Sayangnya, pelanggaran yang satu ini masih terus terjadi sebab kru pesawat tidak mungkin untuk mengecek handphone penumpang satu persatu. Oleh sebab itu, dibutuhkan kesadaran penumpang untuk mematikan seluruh alat komunikasi selama penerbangan demi keamanan bersama.

Membuat Keributan atau Kegaduhan

Selama penerbangan, seluruh penumpang diharapkan tenang. Jika ingin mengobrol dengan penumpang lain, sebaiknya dilakukan dengan suara pelan yang tidak sampai mengganggu penumpang lain. Keributan atau kegaduhan di dalam pesawat akan sangat menganggu penerbangan. Kru pesawat akan memberikan teguran keras bagi penumpang yang membuat kegaduhan, kecuali kegaduhan itu disebabkan oleh suara tangis bayi akan dimaklumi. Bahkan dalam banyak kejadian, kru pesawat sampai harus memutuskan mendarat darurat karena ada kegaduhan yang disebabkan oleh ulah penumpang. Maka demi keamanan dan kenyamanan bersama, jangan pernah membuat kegaduhan di dalam pesawat.

Mengabaikan Peringatan dari Kru Pesawat

Di setiap momen tertentu, kru pesawat akan memberikan peringatan atau pengumuman terkait dengan kondisi penerbangan, misalnya ketinggian pesawat, cuaca, dan peringatan jika akan terjadi guncangan atau cuaca buruk. Biasanya, setiap pemberitahuan dari kru pesawat akan disertai dengan peringatan, misalnya dilarang berjalan di kabin untuk sementara waktu, dan peringatan lainnya. Seluruh penumpang diwajibkan mematuhi peringatan tersebut, sebab jika mengabaikan peringatan dari kru pesawat, akibatnya akan sangat fatal, tidak hanya dapat mencelakakan dirinya melainkan juga berpotensi mencelakakan penumpang lainnya.

Merokok di Dalam Pesawat

Ketika pemeriksaan di bandara, rokok merupakan barang yang diperbolehkan dibawa selama penerbangan, namun membawa korek api sangat dilarang. Namun, banyak penumpang yang begitu pintar menyembunyikan korek api miliknya dengan berbagai cara sehingga lolos dibawa masuk ke dalam kabin. Banyak penumpang yang nekad merokok di toilet pesawat demi menghilangkan kejenuhan karena waktu yang panjang. Hal ini sering terjadi ketika penerbangan jarak jauh. Padahal, merokok di dalam pesawat sangat membahayakan penerbangan. Menyalakan korek api di ketinggian dapat memicu ledakan jika dilakukan di suhu tertentu, sehingga sangat membahayakan keselamatan penerbangan.

Itulah beberapa hal yang dilarang dilakukan di dalam pesawat selama penerbangan agar penerbangan Anda aman dan nyaman.

You may also like