Home Tips Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Demi Keselamatan Penerbangan

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Demi Keselamatan Penerbangan

by Fery Ferdiansyah
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Demi Keselamatan Penerbangan

Penerbangan udara merupakan pintu gerbang masuknya para turis ke tanah air, baik itu lewat bandara-bandara yang ada di pulau terluar Indonesia, maupun bandara internasional yang sudah mulai banyak yang dilakukan revitalisasi.

Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang kini menjadi pilihan sebagian besar orang karena selain waktu tempuh perjalanan yang relatif lebih singkat dibandingkan jenis transportasi lainnya, pelayanan dan keamanan melakukan perjalanan dengan pesawat kini semakin ditingkatkan, sehingga penumpang bisa nyaman dan tidak waswas ketika memilih pesawat terbang sebagai transportasi andalannya, juga karena pesawat terbang bisa menjangkau penerbangan ke pulau-pulau kecil di Indonesia karena saat ini di pulau-pulau tersebut sudah banyak dibangun bandara untuk pesawat-pesawat kecil sehingga masyarakat bisa pergi dan pulang ke pulau-pulau tersebut dengan lebih mudah.

Mengenai keselamatan penerbangan, setiap elemen dalam penerbangan, termasuk penumpang, ikut andil dalam terciptanya penerbangan yang aman. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan penerbangan.

Tidak Membawa Benda-benda yang Dilarang

Ketika akan melakukan perjalanan, Anda tentu akan melakukan packing atau berkemas-kemas mempersiapkan barang yang akan dibawa ketika perjalanan. Sebaiknya, sebelum melakukan packing, kenalilah benda-benda yang dilarang dibawa dalam perjalanan naik pesawat, sebab ketika di bandara akan dilakukan pemeriksaan dengan metal detector dan x-ray sehingga barang bawaan yang dilarang akan langsung dikeluarkan. Daripada koper atau barang bawaan Anda dibongkar di bandara, sebaiknya Anda tidak memaksakan diri membawa benda-benda terlarang seperti: minuman keras, senjata tajam, obat-obatan terlarang, botol yang mudah pecah, dan berbagai benda berbahaya lain yang dilarang dalam penerbangan.

Melakukan Boarding dengan Baik dan Benar

Salah satu tahapan penting ketika naik pesawat adalah boarding, yaitu masuk ke dalam pesawat, mencari tempat duduk, dan meletakkan barang-barang bawaan di bagasi kabin. Dalam tahapan ini, kru pesawat akan membantu mengarahkan penumpang, terutama terkait dengan penataan peletakan barang bawaan di bagasi. Pastikan bahwa Anda duduk di kursi yang benar sesuai dengan data yang tertera pada tiket, jangan pernah duduk di kursi yang bukan hak Anda. Letakkanlah barang bawaan Anda dengan benar. Jika Anda membawa benda penting seperti handphone atau laptop yang tidak ingin Anda letakkan di dalam bagasi kabin, pastikan bahwa benda tersebut dipegang atau dipangku dengan aman atau dikemas di dalam tas yang aman agar tidak terjatuh selama penerbangan.

Memahami Peraturan Keselamatan

Setiap penumpang pesawat harus memahami peraturan keselamatan naik pesawat terbang sebagai bekal untuk menghadapi berbagai situasi dalam perjalanan. Perhatikanlah petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh kru kabin atau pramugari sebelum penerbangan. Bacalah kartu petunjuk keselamatan yang disediakan di masing-masing kursi penumpang dengan seksama. Dalam buku petunjuk tersebut, dijelaskan hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama penerbangan.

Mengikuti Himbauan Kru Selama Penerbangan

Dalam berbagai situasi selama penerbangan, kru pesawat yaitu pilot, co-pilot, atau pramugari biasanya akan memberikan pengumuman-pengumuman penting. Misalnya apakah sudah boleh melepas sabuk pengaman, mengabarkan ketinggian pesawat, memberikan peringatan jika cuaca buruk, dan memberikan himbauan atau informasi lain yang sangat penting bagi keselamatan penerbangan. Ketika kru pesawat mengumumkan bahwa penumpang dilarang berjalan atau berdiri di pesawat untuk sementara waktu, maka setiap penumpang wajib mematuhi himbauan tersebut.

Tidak Membahayakan Penumpang Lain

Seringkali, karena ketidaktahuan atau karena belum berpengalaman naik pesawat terbang, ada penumpang yang melakukan hal-hal yang sebenarnya membahayakan penumpang lain atau bahkan membahayakan penerbangan. Misalnya, tidak boleh terbang dalam kondisi mabuk atau sakit keras, atau melakukan kegiatan-kegiatan di dalam pesawat yang dapat membahayakan penerbangan. Misalnya memaksa berdiri atau berjalan di dalam kabin ketika lampu sabuk pengaman masih merah. Hal tersebut tentu akan sangat berbahaya bagi penumpang yang lain.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan demi keselamatan penerbangan. Setiap penumpang hendaknya memiliki kesadaran agar perjalanan bisa aman dan nyaman.

You may also like