Home Ekonomi dan Bisnis Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memonetisasi Blog

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memonetisasi Blog

by Fery Ferdiansyah
Memonetisasi Blog

Syarat utama bagi Anda yang ingin memonetisasi blog adalah ketekunan dan konsistensi dalam menulis, serta mempelajari dunia blogging. Syarat ini mutlak di perlukan agar Anda bisa memiliki blog dengan konten yang menarik, ramai pengunjung, dapat iklan dan pada akhirnya bisa dapat uang dari kegiatan blogging.

Sekilas informasi, memonetisasi blog artinya membuat pengaturan sedemikian rupa sehingga blog atau website Anda berpeluang menghasilkan pundi-pundi rupiah yang berlimpah. Sederhananya, dengan cara ini Anda sudah bisa disebut sebagai blogger kelas professional. Terdapat sejumlah keuntungan sekaligus tantangan yang harus Anda hadapi, sehingga penghasilan Anda dari nge-blog bisa konsisten tinggi dan stabil.

Keuntungan ketika Anda memonetisasi blog tentu saja dari peluang penghasilan yang terbuka lebar. Di sisi lain, tantangan yang harus Anda hadapi berkaitan dengan persaingan yang sengit di antara para pembuat konten di blog. Sebab, semua orang ingin berlomba-lomba menempati peringkat 1 pencariangoogle.

Baca juga : SSL murah untuk SEO

Tapi jika Anda cukup terampil dan berani, mari segera melangkah pasti dan mulailah memonetisasi blog Anda. Tapi melangkah pun butuh ancang-ancang agar tidak cepat jatuh dan menyerah. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mulai memonetisasi blog:

1. Tampilan

Terserah tema apa yang ingin Anda terapkan untuk blog, sebab itu kembali pada selera masing-masing. Tapi ketika Anda ingin memonetisasi blog, usahakan agar tampilannya ramah pada pembaca serta tidak menyebabkan berat ketika loading. Makanya, kami merekomendasikan Anda untuk memilih warna latar belakang blog yang putih polos.

Mengapa demikian, sebab dengan warna tersebut, peluang pemasangan iklan (entah dari Google Adsense atau yang lainnya) akan lebih jelas dan dinamis. Blog dengan latar belakang yang berwarna-warni akan mengganggu tampilan iklan sehingga akan berpengaruh terhadap pendapatan yang tak optimal.

Untuk pemilihan tema blog yang ideal, Anda bisa bekerja sama dengan DomaiNesia. Ia merupakan jasa pembuatan web terpercaya yang siap membantu Anda dalam mengubah tampilan blog agar efektif. DomaiNesia juga menyediakan sejumlah produk berkuakitas berupa domain dan hosting yang merupakan salah satu instrument penting yang harus Anda miliki ketika memonetisasi blog.

2. Pasang Laman “Tentang Kami” dan “Hubungi Kami”

Dua laman dengan judul di atas merupakan hal yang sangat penting. Sebab, pembaca dan semua orang yang berkunjung pastinya penasaran dengan siapa Anda, dan bagaimana cara mengontak jika ada keperluan tertentu termasuk jika ingin menjalin kerjasama. Jangan membuat pembaca dan pihak pengiklan bingung dan kesulitan menjangkau Anda, sehingga mereka kemudian tidak bisa menemukan jati dirimu.

Ketika memonetisasi blog, artinya Anda harus bersiap untuk terbuka dan menampilkan diri di dunia maya dengan segenap konten keren yang Anda miliki. Percayadirilah! Laman “Tentang Kami (About Us)” dan “Hubungi Kami (Contact Us)” bisa dibuat sendiri dan bahasanya pun dikembalikan kepada gaya dan selera masing-masing. Yang jelas di dalamnya harus memuat informasi jelas tentang identitas Anda, sekilas promosi kontenAnda, serta kontak yang jelas anti ribet untuk menghubungi Anda.

Kejelasan informasi tentang pengelola blog juga pastinya akan memperkuat kredibilitas Anda. Kepercayaan pembaca dan publik maya yang mengakses website atau blog Anda pun akan semakin meningkat. Ini bisa menguntungkan, sebab jalinan kerjasama yang menghasilkan uang mungkin saja terjadi.

Baca Juga cara membuat website di https://www.domainesia.com/tips/cara-membuat-website-dari-nol/

3. Membuat Halaman Disclaimer dan Privacy Policy

Laman disclaimer juga menjadi satu komponen yang terpenting ketika ingin memonetisasi blog. Pihak pengiklan harus memastikan bahwa pengelola blog membuatkonten yang bersifat informatif, di mana pengelola bertanggung jawab atas keakuratan dan kelengkapan informasi yang dimuat tersebut. Sederhananya, Disclaimer itu semacam pernyataan lepas tanggung jawab ketika ada indikasi pelanggaran di bidang informasi.

Selain disclaimer, komponen lain yang tidak boleh lupa juga yakni Privacy Policy. Untuk pengertian singkatnya, privacy policy adalah semacam pernyataan bahwa blog Anda benar-benar ditekuni dan dikembangkan dengan dokumen hukum tertentu. Di dalam dokumen ini biasanya berisi prosedur dan pandangan blog Anda pada informasi yang dihimpun dari pengunjung.

4. Tekun Berpromosi

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan blog. Cara termudahnya yakni rajin share di media sosial seperti facebook, instagram, twitter atau media sosial lainnya. Ajaklah teman-teman Anda untuk meluangkan waktu sejenak dan mengakses website Anda. Cara ini akan efektif untuk meningkatkan traffick kunjungan secara signifikan.

5. Menjadi Blogger Tamu

Menulis sebagai blog tamu di blog orang lain yang sudah punya traffick tinggi sangat efektif untuk menjaring viewers di blog Anda. Caranya mudah, Anda tinggal mencari blog yang membuka peluang menulis sebagai blogger tamu, lalu Anda menulis di sana, sertakan backlink yang mengarah pada blogmu, laluselesai.

Selain lima cara di atas, tentu saja Anda harus menerapkan teknik Search Engine Opimization (SEO) sehingga konten di blog Anda bisa dinilai berkualitas oleh Google, lalu mesin pencariakan merekomendasikan blog Anda di halaman satu atau bahkan peringkat 1 berdasarkan kata kunci yang spesifik.

Untuk pembahasan selengkapnya tentang SEO, Anda bisa mengakses artikel DomaiNesia yang lainnya. SelamatBerjuang!

You may also like