Home Tips Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

by Fery Ferdiansyah
Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang merupakan pilihan yang banyak dilakukan oleh masyarakat terutama ketika akan menempuh jarak yang cukup jauh, misalnya perjalanan antar negara yang tentu merepotkan dan memakan banyak waktu jika dilakukan dengan menggunakan transportasi darat. Penerbangan yang menempuh jarak jauh, yaitu yang memakan waktu minimal tujuh jam di dalam pesawat, tentu merupakan perjalanan yang akan sangat melelahkan dan berpotensi membuat bosan, apalagi jika perjalanan itu tidak dipersiapkan dengan baik. Gerak penumpang yang sangat terbatas ketika berada di dalam kabin tentu akan menimbulkan kejenuhan jika hanya dilewati dengan duduk diam.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Melakukan Penerbangan Jarak Jauh
Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Ketika Akan Melakukan Penerbangan Jarak Jauh

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan penerbangan jarak jauh agar perjalanan tidak membosankan, dan Anda dapat nyaman selama penerbangan.

Memilih Tempat Duduk Paling Nyaman

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan penerbangan jarak jauh adalah memilih tempat duduk yang paling nyaman. Selama ini, banyak orang yang merasa bahwa tempat duduk yang paling nyaman adalah di deretan paling depan, sebab area untuk kaki lebih luas sehingga penumpang dapat meluruskan kaki dengan leluasa. Duduk di deretan kursi paling depan di pesawat memang nyaman, dengan catatan untuk penerbangan jarak dekat. Untuk penerbangan jauh, penumpang yang duduk di deretan kursi di bagian depan berpotensi merasakan guncangan yang lebih keras ketika terjadi turbulensi. Turbulensi yang sering terjadi selama perjalanan jauh tentu akan membuat penumpang tidak nyaman. Bagian kursi yang paling nyaman dan getarannya cenderung pelan ketika terjadi turbulensi adalah kursi yang berada di dekat sayap pesawat. Oleh sebab itu, ketika memesan tiket, usahakan untuk memilih deretan kursi yang lurus atau dekat dengan sayap pesawat.

Persiapkan Perlengkapan Tidur

Ketika melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang, hal yang terlintas di pikiran kebanyakan penumpang adalah bagaimana mereka bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan. Namun untuk dapat tidur nyaman di dalam pesawat tidak semudah yang dipikirkan. Turbulensi yang menyebabkan getaran, suara pemberitahuan yang sering terdengar, ditambah lagi suara mesin pesawat membuat penumpang sulit tidur. Cara yang paling mudah untuk dapat tidur nyaman selama penerbangan jauh adalah dengan mempersiapkan perlengkapan tidur, yaitu penutup mata, penyumbat telinga, bantal kecil untuk di leher, atau kalau perlu siapkan jaket atau syal untuk memberikan kehangatan.

Membawa Benda yang Dapat Dipakai Mengisi Waktu

Jika Anda merupakan tipe penumpang yang sulit tidur di dalam pesawat, sebaiknya persiapkan benda atau sesuatu apa saja yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, misalnya buku bacaan, buku teka-teki silang, majalah, dll. Atau jika Anda menggunakan pesawat yang menyediakan televisi atau pemutar musik di depan kursi Anda, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan headset atau headphone, sebab biasanya Anda harus membeli headset terlebih dahulu kepada petugas kabin jika ingin mendengarkan musik atau menonton film.

Membawa Makanan Ringan

Membawa makanan ringan tidak dilarang dalam perjalanan dengan pesawat terbang, asalkan kemasan makanan tersebut bukan berbahan kaca atau bahan-bahan yang membahayakan penerbangan lainnya. Siapkan bekal seperti roti, permen, atau makanan ringan yang kira-kira tidak akan mengganggu penumpang yang duduk di dekat Anda. Membawa makanan seperti keripik atau jenis makanan lain yang ketika dimakan menimbulkan suara sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika akan melakukan penerbangan jarak jauh, agar Anda merasa aman dan nyaman.

You may also like