Home Otomotif Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil Bermasalah

Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil Bermasalah

by Fery Ferdiansyah
Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil Bermasalah

Cara memperbaiki shockbreaker depan mobil mungkin dibutuhkan bagi pemilik kendaraan. Ini dikarenakan shockbreaker merupakan komponen yang cukup penting dalam kendaraan terutama untuk menciptakan kenyamanan berkendara. Kinerja utama dari komponennya tersebut adalah untuk meredam guncangan yang mungkin terjadi ketika berkendara. Guncangan yang ditimbulkan bannya tersebut terasa seperti sedang menaiki jungkat-jungkit.

Mobil akan memantul ke atas dan ke bawah, tidak jarang kondisi ini memicu pengendara serta penumpang lainnya merasa pusing. Dengan adanya shockbreaker, guncangannya tentu akan terminimalisir sehingga tidak ada ayunan yang lebih banyak. Pengguna dan pengemudi bisa berkendara dengan aman, nyaman serta tidak perlu khawatir mengalami guncangan kembali.

Penyebab Shockbreaker Depan Mobil Rusak

Sebenarnya ada banyak faktor yang mungkin terjadi ketika shockbreaker rusak. Pasalnya, ketika berkendara di jalanan banyak hal yang mungkin ditemui dan bisa saja merusak komponen kendaraannya. Dengan begitu, penggunanya tentu perlu membuat kendaraannya menjadi senyaman mungkin dikendarai.

Sebelum mengetahui cara memperbaiki shockbreaker pada bagian depan mobil, penggunanya tentu harus mengetahui penyebabnya lebih dulu. Beberapa penyebabnya adalah shockbreaker kotor, ini bisa menyebabkan seal karet dan membuat oli merembes ke sela-selanya tersebut. Selain itu, bisa juga dikarenakan adanya muatan berlebih dalam kendaraannya.

Hal ini tentu akan membuat shockbreaker lebih cepat rusak. Sebagai pemilik mobil tentu harus mengetahui batas anjuran muatan dari kendaraan yang dimilikinya. Ban mobil yang sering digunakan dengan ugal-ugalan juga menjadi salah satu penyebab shockbreaker rusak atau tidak nyaman ketika digunakan. Ban mobil yang dibawa ugal-ugalan tentu akan lebih cepat aus dan membuatnya kesulitan untuk menjaga keseimbangan kendaraannya.

Cara Memperbaiki Shockbreaker Depan Mobil dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari shockbreaker bermasalah atau rusak. Pemilik kendaraan tentu perlu segera memperbaiki permasalahan tersebut agar tidak merembet ke bagian lainnya. Berikut ini adalah beberapa langkah cara untuk memperbaiki shockbreaker depan yang rusak:

1. Dongkrak Mobil dan Buka Rodanya

Dongkrak merupakan alat yang termasuk penting untuk selalu ada di mobil. Salah satunya adalah dibutuhkan untuk membantu memperbaiki shockbreaker pada mobil. Setelah mendongkraknya, pemiliknya bisa membuka roda dan baut untuk memudahkannya.

2. Gunakan Kunci yang Pas

Mungkin beberapa orang belum mengerti mana kunci-kunci yang pas digunakan untuk memperbaiki mobilnya. Kunjungi mobilku untuk dapatkan ilmu tambahan dalam dunia otomotif. Dengan begitu, pemilik mobil mudah memperbaiki permasalahan dan memilih kunci-kunci yang pas untuk melepas dan memasang baut.

3. Pasang Shockbreaker baru

Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan, sebaiknya untuk selalu membawa komponen cadangan. Pastikan untuk membawa shock sama seperti yang digunakan, ketika memasangnya, kencangkan baut pada bagian atas dan bawah tapi setengah kencang saja.

4. Kencangkan Ulang dengan Torsi

Jangan lupa untuk selalu membawa kunci torsi di dalam bagasi mobil karena kuncinya tersebut sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk mengencangkan ulang baut-baut yang baru kencang separuh tersebut. Pastikan saat ini baut sudah kencang dengan sempurna.

Untuk mencegah kerusakan shockbreaker pada bagian depan sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh para pengguna dan pemilik kendaraannya. Yakni dengan tidak membawa kendaraan secara ugal-ugalan. Selain itu, pemiliknya juga perlu membekali diri dengan mengetahui cara memperbaiki shockbreaker depan mobil dengan benar.

You may also like