Home Tekno Kenapa Dunia Bisnis di Indonesia Membutuhkan Chatbot

Kenapa Dunia Bisnis di Indonesia Membutuhkan Chatbot

by Fery Ferdiansyah
Kenapa Dunia Bisnis di Indonesia Membutuhkan Chatbot

Chatbot masih merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia, sehingga kebanyakan orang tidak mengerti bagaimana cara kerjanya atau apa yang bisa di lakukan olehnya. Padahal, Chatbot bukanlah konsep baru dalam dunia komunikasi.

Sekarang ini chatbot semakin diminati perusahaan sebagai cara untuk berinteraksi dengan pelanggan. Misalnya, jika anda memesan makanan melalui aplikasi di smartphone anda, anda dapat mengobrol dengan bot untuk menentukan pilihan menu yang cocok untuk anda.

Ini hanya sebagian kecil dari bagaimana chatbots merevolusi komunikasi. Ada potensi besar bagi teknologi ini untuk menjangkau dunia bisnis di Indonesia dan membuat kegiatan jual beli menjadi semakin mudah.

Chatbot dapat bekerja di platform apa pun, seperti smartphone atau komputer.

 

Prinsip Kerja Chatbot

Chatbots menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengenali dan merespons kata dan frasa yang dikirim manusia ke komputer. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, chatbot dapat merespons secara otomatis dengan meniru pola bicara dan suara seseorang.

Bot ini bahkan dapat meniru aksen, sehingga orang dapat menggunakan chatbot untuk berkomunikasi dengan orang yang berbicara menggunakan bahasa yang berbeda.

Chatbots dapat merespons lebih baik daripada sistem telepon otomatis, memungkinkan untuk bercakap-cakap dengan bahasa yang natural dan mengalir.

 

Jenis Chatbot

Chatbot Dapat Dikategorikan Menjadi 4 yaitu:

  1. Human to Human (Chatbot to Chatbot)
  2. Chatbot to Conversational Systems (Chatbot to Google)
  3. Conversational Systems (Chatbot to Artificial Intelligence)
  4. Artificial Intelligence (Chatbot to human)

 

Keuntungan Menggunakan Chatbot

  • Chatbot memiliki kemampuan untuk menjawab lebih banyak pertanyaan dan karenanya dapat memberikan informasi yang lebih cepat kepada pelanggan.
  • Chatbot dapat secara efisien menangani tugas rutin untuk layanan pelanggan, seperti menjadwalkan janji temu atau memesan tiket penerbangan.
  • Chatbot lebih unggul dalam memberikan layanan pelanggan dibandingkan dengan layanan telepon atau email. Karena chatbot memberikan tanggapan langsung terhadap banyak pertanyaan, pelanggan sering kali kesal karena harus menunggu jawaban, dengan adanya chatbot hal ini tidak akan terjadi lagi.
  • Chatbot dapat disesuaikan untuk audiens target yang berbeda, ia menyediakan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.
  • Chatbot mudah digunakan dan tidak memerlukan perangkat lunak khusus untuk digunakan.
  • Chatbots adalah alat yang hemat biaya. Chatbots dapat menghemat uang perusahaan untuk biaya layanan pelanggan karena ia dapat menangani banyak pertanyaan dalam tempo yang singkat, jadi perusahaan tidak perlu menambah karyawan untuk melakukan tugas-tugas ini.
  • Chatbot memberikan informasi tepat waktu. Karena chatbots menjawab pertanyaan dengan segera, bot pintar ini dapat membantu pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.

 

Kenalan dengan Chatbotika

Chatbotika merupakan produk yang di kembangkan oleh Botika, sebuah perusahaan pengembang chatbot yang bermarkas di Kota Yogyakarta dan Jakarta.

Chatbotika adalah platform untuk membangun chatbot yang dapat diakses dari browser, aplikasi seluler, dan perangkat IoT. Anda dapat membuat bot obrolan untuk Slack, Telegram, SMS, dan platform perpesanan lainnya.

Platform Chatbotika menggabungkan kemampuan pembelajaran mesin dengan desain UI (User Interface) percakapan. Pengguna dapat melatih bot untuk menanggapi percakapan menggunakan Natural Language Understanding (NLU) atau Semantic Understanding.

Pengguna Chatbotika kemudian dapat menggunakan bot mereka dan mengujinya menggunakan emulator Chatbotika.

Untuk anda yang ingin mengintegrasikan chatbot berbahasa Indonesia, chatbotika adalah pilihan yang tepat. Tim pengembang Botika sudah sangat berpengalaman menangani proyek pembuatan chatbot untuk sektor swasta maupun pemerintahan.

 

Penutup

Di Indonesia chatbot menjadi lebih populer setiap harinya dan mungkin akan menjadi andalan banyak perusahaan di masa yang akan datang. Meskipun terdengar seperti sesuatu dari film futuristik, robot percakapan ini sudah mulai menjadi bagian besar dari layanan pelanggan.

Chatbot dapat meningkatkan bisnis anda ke level selanjutnya, memberi anda platform yang sempurna untuk menjangkau pelanggan anda kapan saja setiap harinya. Chatbot juga dapat menangani semua tugas customer service yang membosankan dan memberi kebebasan bagi staff anda untuk fokus pada tugas lain yang lebih penting.

You may also like

toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777