Home Tips Kesalahan-Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Pesan Tiket Pesawat dan Cara Menghindarinya

Kesalahan-Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Pesan Tiket Pesawat dan Cara Menghindarinya

by Fery Ferdiansyah
Kesalahan-Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Pesan Tiket Pesawat dan Cara Menghindarinya

Pemesanan tiket pesawat merupakan salah satu poin wajib yang harus dilakukan jika Anda akan menggunakan jasa pelayanan transportasi udara ini. Jangankan naik pesawat, jika tidak memiliki tiket Anda tidak diperbolehkan masuk ke gate bandara. Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi seputar kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi saat pesan tiket pesawat dan cara menghindarinya.

Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Tidak Membaca Tata Cara Pemesanan Tiket

Poin ini wajib dilakukan oleh para calon penumpang pesawat saat pembelian tiket. Namun sayangnya hal ini sering diabaikan. Padahal di lembar tata cara dijelaskan persyaratan dan ketentuan secara detail apa saja yang mendukung kebutuhan selama penerbangan dan sudah menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Perlu Anda ketahui bahwa isi yang terdapat dalam lembaran tata cara setiap maskapai berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

  • Memesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Pemesanan tiket jauh-jauh hari memang menjadi salah satu cara untuk mendapatkan harga tiket pesawatmurah. Namun hal tersebut tidak lepas dari risiko, misalnya: pada saat hari keberangkatan yang sudah dijadwalkan terjadi halangan yang membuat Anda harus melakukan cancel atau refund ticket. Apalagi jika Anda membawa serta bayi atau anak-anak, dikhawatirkan pada waktu hari H buah hati terkena sakit.

Lalu bagaimana cara mencegah atau menghindari kesalahan pemesanan tiket? Ada baiknya pemesanan tiket dilakukan kurang lebih satu atau dua minggu sebelum hari keberangkatan. Tapi boleh-boleh saja melakukan pemesanan jauh hari jika waktu keberangkatan tidak mungkin dipindah lagi dan harus dilakukan, misalnya karena akan menikah, urusan pekerjaan dsb.

  • Salah Menuliskan Data Atau Identitas Diri

Salah satu tata cara pemesanan tiket adalah mengisi data atau identitas diri dengan benar. Apabila terjadi kesalahan penulisan bisa menyebabkan kerugian diri sendiri. Misalnya jika Anda salah menulis nama, tidak sesuai dengan yang tercantum di KTP atau paspor maka tidak diizinkan naik pesawat atau jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan Anda tidak akan mendapatkan asuransi. Jadi, cek dengan seksama dan teliti identitas yang dimasukkan sebelum melakukan pembayaran atau tiket dicetak.

  • Tidak Mengecek Kelengkapan Dokumen

Agar kesalahan menuliskan identitas diri tidak salah, tips yang jitu adalah dengan memastikan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Apalagi bagi Anda yang akan berpergian ke luar negeri. Dokumen yang dimaksud adalah paspor, visa, dan KTP. Dengan mengecek kelengkapan dokumen Anda bisa mengetahui batas penggunaan passport. Cek juga visa, jangan sampai ada kesalahan karena bisa kena deportasi.

  • Tidak Mengecek Aturan Maksimal Barang di Bagasi

Nah, poin ini sebenarnya tercantum di term and condition atau tata cara penerbangan. Masalah mengenai barang-barang bawaan yang akan disimpan di bagasi pesawat sudah ada aturannya. Untuk lebih lengkap dan jelas bisa buka artikel seputar bagasi pesawat di situs ini.

  • Tidak Selektif Memilih Agen Pemesanan Tiket Online

Sekarang ini banyak aplikasi booking tiket yang bisa dimanfaatkan. Anda harus pandai dan selektif memilih agen yang terpercaya, karena bukan rahasia lagi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dan berbuat kejahatan.

Itulah beberapa jenis kesalahan yang umumnya dilakukan saat pemesanan tiket pesawat. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

You may also like