Home Wisata Kesalahan Saat Booking Tiket Pesawat Terbang

Kesalahan Saat Booking Tiket Pesawat Terbang

by Fery Ferdiansyah
Kesalahan Saat Booking Tiket Pesawat Terbang

Saat libur panjang lebaran, banyak dari Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Selain lebih cepat, alat transportasi udara ini menjadi penghubung banyak pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia. Jadi bagi Anda yang tinggal di pulau kecil, pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat efektif saat akan mudik. Sebelumnya, bagi Anda yang akan mudik dengan pesawat terbang pasti akan melakukan booking pesawat terlebih dahulu. Sepintas, mungkin masalah booking tiket pesawat terbang adalah hal yang sangat sepele, tinggal pesan saja. Tetapi, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang saat akan booking tiket pesawat terbang. Terlebih booking pesawat secara online. Apa saja kesalahan yang mungkin saja dapat kita lakukan dan harus benar-benar kita hindari?

Simak di bawah ini:

1. Tidak Membandingkan Harga Antar Maskapai Penerbangan

Tahukah Anda bahwa dengan jadwal pesawat yang sama harga pesawat terbang bisa saja berbeda? Misal, untuk sekali jalan, bila kita cek harga tiket satu maskapai dengan maskapai lainnya akan berbeda harganya. Memang fasilitas yang ditawarkan bisa saja berbeda, namun umumnya fasilitas yang ditawarkan tidak terlampau berbeda. Misalnya saja salah satu maskapai penerbangan akan memberikan pelayanan makanan dan salah satu lagi tidak memberikan makanan. Membandingkan harga tiket antar maskapai penerbangan dinilai sebagai salah satu cara efektif untuk menghemat anggaran dan juga menghindari stres pasca liburan karena terlalu banyak menggunakan uang. Inilah pentingnya kita membandingkan harga antar maskapai penerbangan. Sebelum booking tiket pesawat, pastikan untuk mengecek tiket pesawat dan mem-booking tiket pesawat murah.

2.      Tidak Menggunakan Tools yang Sesuai

Semenjak keluarnya surat edaran Menteri Perhubungan nomor HK.209/I/16PHB. 2014 kepada seluruh penyelenggara bandar udara pada tanggal 31 Desember 2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandar Udara Seluruh Indonesia, para maskapai penerbangan tidak lagi menjual tiket pesawat di bandara. Maka sejak itu, peralihan penjualan tiket pesawat lebih banyak ditemukan via internet, walau juga ada kantor-kantor maskapai penerbangan di lokasi-lokasi tertentu. Di era digital seperti ini, booking online tiket pesawat bukan suatu hal yang aneh lagi. Ditambah lagi aplikasi pencarian tiket murah semakin menjamur. Gunakan dengan bijak aplikasi tersebut, dan pilihlah aplikasi yang memang terpercaya dan mendapatkan penilaian positif dari penggunanya, jangan hanya tergiur dengan tiket murah yang ditawarkan.

3.      Booking Tiket Terlalu Awal

Kesalahan ketiga saat booking tiket pesawat adalah booking tiket yang terlalu awal. Pesan tiket pesawat terlalu awal dari jadwal keberangkatan kita terkadang akan membuat kita kewalahan. Seperti harus cancelling atau refund tiket bila ternyata pada hari H keberangkatan, kita tidak dapat berangkat. Baiknya, pesanlah tiket kurang lebih dalam tempo satu atau dua minggu. Memang benar, harga tiket jauh-jauh hari bisa jadi sangat murah. Tapi Anda juga harus tahu bahwa hal itu adalah salah satu selling management para maskapai penerbangan agar tiketnya laris manis saat keberangkatan. Umumnya, tiket yang murah diberikan jauh-jauh bulan dengan kategori fix date, dan tidak bisa di-refund atau di-cancel. Tapi Anda tetap boleh memesan jauh-jauh hari apa bila memang jadwal tersebut sudah fiks dan tidak bisa diganggu gugat lagi. Jadi bijak-bijaklah dalam merencanakan perjalanan liburan Anda.

4.      Mengabaikan Info Penerbangan, Informasi Bagasi, Airport Tax, dan Info Lain-lain

Jangan hanya tergiur dengan tiket pesawat murah belaka. Kita sebagai konsumen alias pembeli harus juga jeli apakah tiket murah tersebut sudah mengakomodir kebutuhan kita dari mulai keberangkatan hingga kedatangan di tempat tujuan.

5.      Tidak Update Berita Penerbangan dan Maskapai Terkait

Ada baiknya saat akan melakukan penerbangan, sebelumnya kita harus update terlebih dahulu terkait berita seputar penerbangan dan maskapai yang akan kita gunakan. Apakah sedang dalam masalah atau tidak, apakah perjalanan udara ke tempat tujuan kita sedang aman-aman saja atau tidak. Informasi tersebut dapat kita temukan di website atau media sosial resmi masing-masing maskapai.

You may also like