Home Tekno Membangun Strategi Pemasaran Media Sosial Anda untuk tahun 2021

Membangun Strategi Pemasaran Media Sosial Anda untuk tahun 2021

by Fery Ferdiansyah
Membangun Strategi Pemasaran Media Sosial Anda untuk tahun 2021

Kemanjuran pemasaran media sosial pada tahun 2021 sangat luar biasa dalam membangun citra merek dan basis pelanggan. Dengan seluruh dunia beristirahat di tempat masing-masing, menggulir ke bawah posting media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan. Meskipun tren ini melonjak pada tahun 2020, tampaknya akan berlanjut tahun ini juga.

Sebagai pemilik bisnis, jika Anda masih mencari cara untuk membangun strategi pemasaran media sosial, artikel ini akan sangat membantu. Salah satu statistik utama mengatakan 48% dari dunia populasi saat ini menggunakan media sosial.

Selanjutnya, 84% dari pengguna ini aktif dan menggunakan media sosial setiap hari. Angka ini cukup untuk mengetahui mengapa kami perlu membangun strategi konkret untuk kampanye pemasaran media sosial Anda. 

1. Tetapkan Tujuan Pemasaran Media Sosial

Di sinilah Anda mulai menetapkan taktik untuk pemasaran media sosial. Mungkin mendesak untuk menggunakan konten video dan mengembangkan bisnis Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah yang cocok editor video online dan tim yang berkinerja tinggi. Tapi, jenis video apa yang Anda rencanakan untuk diposting di platform sosial? 

Apa yang Anda inginkan dari Platform Media Sosial menentukan nada untuk usaha Anda. Anda mungkin ingin membangun komunitas pengikut yang besar, atau Anda mungkin ingin membangun banyak pendapatan menggunakan basis pelanggan, atau keduanya. Menetapkan tujuan Anda tentang hasil pemasaran akan membantu Anda menjalankan rencana melalui pemasaran media sosial. Temukan di bawah ini beberapa contoh sasaran yang dapat Anda terapkan.

  • Tingkatkan Kesadaran Merek: Ini bisa menjadi salah satu tonggak pencapaian Anda dalam tujuan yang lebih besar, atau bisa menjadi tujuan itu sendiri. Jika Anda ingin nama Anda dikenal secara online, maka video promosi tentang merek dan produk sudah cukup di awal daripada membangun nilai dan prinsip. 
  • Menghasilkan Prospek / Penjualan: Anda juga dapat menetapkan tujuan Anda di bagian depan ini. Berapa banyak prospek per bulan yang Anda rencanakan untuk dihasilkan setiap minggu dan bulan? Anda dapat menyalurkan konten Anda berdasarkan metrik dan memantau kemajuannya. Ini akan membantu Anda mengubah metode eksekusi jika hasil yang diinginkan tidak tercapai.
  • Tingkatkan Basis Pelanggan: Anda juga dapat merencanakan untuk meningkatkan basis pengikut Anda. Tentu saja, ini secara tidak langsung akan berdampak pada Anda bisnis dan dengan demikian meningkatkan margin pendapatan juga.

2. Target Audiens – Riset Mereka

Setelah tujuan ditetapkan dan tonggak sejarah dibuat tentang pencapaian tujuan, Anda harus secara bersamaan meneliti audiens target Anda. Terlepas dari produk atau layanan apa pun yang organisasi Anda bantu, Anda akan memiliki pendekatan yang berfokus terhadap kelompok audiens yang tepat.

Pendekatan ini harus diperluas ke pemasaran sosial juga. Usia, profesi, dan keputusan pembelian audiens akan membantu Anda mengubah konten agar disesuaikan untuk mereka. Beberapa fakta luar biasa pada baris yang sama diberikan di bawah ini

  • Komunitas milenium sebagian besar menggunakan Instagram dan Tik Tok
  • YouTube dan Facebook adalah pusat Iklan yang dapat membantu Anda memperoleh penghasilan tinggi
  • Wanita adalah pengguna utama Pinterest daripada pria
  • Jika Anda berencana untuk suatu industri -pendekatan yang spesifik dan berpengetahuan, maka LinkedIn harus menjadi pilihan Anda.

Mengenal audiens target Anda akan membantu Anda menyusun strategi kampanye pemasaran sesuai tujuan yang ditetapkan. 

3. Buat Konten Mencari Perhatian Untuk Audiens Anda

Kami telah mencapai bagian eksekusi. Sekarang setelah Anda mengetahui audiens target Anda dan tujuannya sudah ditetapkan, Anda harus mulai membuat konten dengan cara yang sama. Tentu saja, SEO dan pemasaran konten berbasis teks melayani tujuan utama. Namun konten video telah mencapai puncaknya belakangan ini.

Rata-rata pengguna menonton video online selama 100 menit sehari. Ini menunjukkan betapa pentingnya ketersediaan Anda di media sosial dalam bentuk konten video. Mari kita lihat beberapa praktik terbaik yang dapat Anda gunakan saat membuat konten media sosial.

  • Tetapkan Strategi: Di ​​sini strategi berarti, 
  • Tema video
  • Berapa banyak video yang Anda rencanakan untuk diposkan per minggu?
  • Manakah Platform Media Sosial Anda yang bisa memberikan hasil maksimal?

Kecuali Anda jelas dengan petunjuk ini, Anda tidak akan kemana-mana. Idealnya, pesan yang ingin Anda sampaikan melalui konten video harus berkisar pada tujuan yang telah Anda terapkan. Selanjutnya, konsistensi memposting video di media sosial akan membangun kredibilitas juga. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, silahkan pilih platform media sosial berdasarkan target audience. 

  • Video Crisp Didorong: Basis pengguna suka menonton video pendek dan tajam daripada yang lebih panjang. Meskipun sektor pemirsa ingin melihat video yang lebih panjang, Anda mungkin harus mencapai titik itu pada waktunya. Buat video pendek luar biasa yang mengatur nada untuk merek Anda. Bangun kredibilitas dan tunjukkan produk atau layanan Anda.
  • Video yang Menyampaikan Pesan Bahkan dengan Bisu: Banyak orang saat ini menonton video di ponsel mereka. Dan kebiasaan yang telah diamati para ahli adalah, mereka menonton video dengan mengecilkan volume atau bahkan membisukan. Jadi, buatlah video yang memenuhi kebutuhan seperti itu juga.
  • Sertakan Subtitle: Anda dapat menggunakan taktik ini bahkan jika ada dialog di video Anda. Anda juga dapat melayani pelanggan luar negeri. Apalagi jika video dibisukan, penonton masih bisa memahami pesannya.

4. Pantau Kemajuan

Ini adalah bagian penting dari pemasaran media sosial. Menetapkan strategi ada di satu sisi dan memantau hasilnya di sisi lain. Anda harus jelas dengan metrik dan melihat perubahan apa yang dihasilkan kampanye tertentu. jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan, identifikasi area yang perlu Anda ubah untuk hasil yang lebih baik. Anda harus membandingkan hasil dengan tujuan yang ditetapkan dan memperhatikan tren seiring berjalannya waktu. Jangan biarkan situasi apapun menjadi tidak terkendali.

Kesimpulan

Untuk tahun 2021, platform media sosial adalah tempat terbaik untuk menunjukkan keahlian dan bakat Anda. Menggunakan strategi pemasaran ini untuk media sosial akan membantu Anda menghitung pertumbuhan Anda.

You may also like