Home Tekno Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020, Ternyata Begini

Mengenal Algoritma Instagram Tahun 2020, Ternyata Begini

by Fery Ferdiansyah
Algoritma Instagram Tahun 2020

Instagram sebagai salah satu platform digital social media pastinya banyak sekali penggunanya, bahkan untuk saat ini Instagram menjadi salah satu platform media social yang trending selain facebook dan juga twitter.

Nah berbicara soal Instagram pastinya anda bertanya tanya mengapa pada saat ini di dalam pencarian populer instagram banyak bermunculan satu konten sejenis? Hal tersebut banyak di tanyakan sama temen-temen di media sosial.

Hal tersebut sebenarnya wajar saja mengingat algoritma instagram pada saat ini sedang banyak perubahan dan salah satu perubahan yang sangat terlihat pada tab pencarian, semakin sering anda mencari satu konten yang sejenis maka di beranda anda pula akan muncul postingan yang senada.

Bahkan hingga sampai saat ini algoritma instagram di gunakan sebagai salah satu ladang bisnis mengingat fungsi bisnis harus sesuai dengan target pasar. Sebenarnya algoritma instagram berbeda beda jenisnya.

Apabila anda bertanya berbeda yang bagaimana yang dimaksudkan, maksudnya perbedaan tersebut terletak pada setiap fungsi dari badan instagram tersebut. Sebagai contohnya saja bahwa instagram memiliki postingan dan juga memiliki story, kedua fitur ini berada di dalam badan instagram.

Akan tetapi memiliki algoritma yang berbeda untuk setiap fungsinya, apabila anda ingin story anda menjadi populer dan trending maka setidaknya followers instagram lain harus melihat story anda dari awal hingga selesai. Berbeda juga dengan postingan di instagram yang memiliki algoritma berbeda.

Algoritma Instagram Tahun 2020

Nah langsung saja ke pembahasan, pada intinya algoritma instagram di tahun 2020 tidak berubah dari waktu ke waktu, namun terlihat seolah-olah selalu berubah karena data atau trend pengguna yang terus masuk, diproses oleh pihak Instagram.

Sebelumnya, terdapat beberapa fakta yang sangatlah penting untuk kamu ketahui dari algoritma Instagram, yaitu:

  • Comment, like, share, dan view sangat mempengaruhi posisi post-mu di feeds
  • Foto dan juga video memiliki posisi yang setara bahkan tidak ada format yang diutamakan
  • Interaksi palsu atau (bot) tidak dihitung
  • Panjang comment sangat mempengaruhi engagement
  • Setiap tipe account mau itu akun personal atau akun bisnis setara dan tidak ada tipe yang lebih diutamakan
  • Posting selama 30 menit pertama tidak mempengaruhi posisi di feeds

Setelah anda membaca dan mengetahui informasi di atas maka kurang lebih anda sudah tahu bagaimana cara mengoptimalisasi akun instargram anda supaya ramai dengan pengunjung seperti trik SEO (Searh Engine Optimization).

Algoritma Instagram Untuk Stories

Membahas soal instagram berarti kita bahas juga story pada instagram, story merupakan salah satu fitur yang paling dekat dengan Home yang mana akun yang paling sering engage dengan pengguna baik di feeds, story ataupun DM.

Hubungan yang terjadi antara pengguna dengan pengguna lainnya yang dibangun di Instagram melalui engagement lah yang menjadi salah satu bahan pertimbangan algoritma stories ini. Bahkan tidak hanya itu saja karena Instagram juga memunculkan stories dari akun yang rajin ditonton oleh pengguna sampai akhir.

Nah setelah anda mengetahui beberapa persyaratan optimalisasi instagram dengan fokus kepada algoritma instagram , anda sekarang sudah siap untuk mempraktikannya langsung pada akun anda ataupun pada akun yang lainnya untuk di uji.

Apabila anda telah sukses dengan percobaan pertama anda untuk mengoptimalkan algoritma instagram maka anda sudah siap untuk memulai berbisnis dari instagram dan anda bisa menemukan target pasar yang sesuai dengan harapan anda.

Sumber: Heizeih

You may also like