Home Review Mengenal Mesin RO Sebagai Teknologi Baru Untuk Proses Pengolahan Air Laut

Mengenal Mesin RO Sebagai Teknologi Baru Untuk Proses Pengolahan Air Laut

by Fery Ferdiansyah
Mengenal Mesin RO Sebagai Teknologi Baru Untuk Proses Pengolahan Air Laut

Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang jelas menguntungkan kehidupan manusia adalah adanya mesin RO alias Reverse Osmosis. Mesin ini digunakan sebagai alat yang mempermudah dalam urusan pengolahan air. Apalagi saat ini ada mesin RO. Jadi, tidak hanya untuk air tawar agar jauh lebih higienis tapi air laut juga. 

Bahkan pengolahan air laut agar bisa menjadi air tawar yang siap konsumsi bisa dilakukan mesin ini. Maka akan dijelaskan lebih mendalam mengenai mesin RO khususnya dalam pengolahan air laut yang dijabarkan sebagai beriku:

Alasan Perlu Adanya Pengolahan Air Laut

Seperti yang sudah diketahui bersama air menjadi salah satu kebutuhan yang penting dalam kelangsungan hidup manusia. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Namun, dalam berkegiatan seperti memasak, mencuci pakaian, bahkan dalam sektor pertanian maupun peternakan juga. 

Walaupun demikian ada beberapa jenis air yang tidak bisa digunakan langsung, pasalnya sebagian manusia, hewan dan tumbuhan memerlukan air tawar. Padahal air tawar hanya didapatkan dari air tanah, air hujan dan sebagainya. Jika diperhatikan ada banyak sumber mata air sebenarnya di dunia ini, misalnya air laut. 

Lalu bagaimana mengolah air laut tersebut hingga bisa digunakan untuk konsumsi manusia? Mesin RO air laut adalah solusi dan jawabannya. Walaupun sebenarnya proses pengolahan air laut ataupun air payau menjadi air tawar juga bisa dilakukan dengan proses distilasi. Namun menggunakan mesin RO akan jauh lebih efektif.

Penjelasan Cara Kerja Mesin RO

Bagaimana mungkin Mesin RO mampu mengolah air laut menjadi air tawar? Maka pahami terlebih dahulu sistem kerja dari mesin RO ini. Pertama mesin ini memiliki membran dengan pori-pori yang sangat kecil. Tentunya dengan pori-pori yang kecil tersebut bisa membuat terseleksinya secara otomatis zat-zat terlarut atau kontaminan yang ada di dalam air. 

Mesin ini juga bekerja dengan sistem memberikan tekanan yang kuat. Sehingga air akan masuk ke dalamnya dan mulai melewatkan air pada pori-pori kecil yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga air yang murni dan bersih akan dihasilkan dari proses tersebut. 

Oleh karena itu, mesin ini akan mampu menghasilkan air olahan dengan kualitas yang terbaik dan juga dijamin lebih higienis. Tidak jarang mesin ini akan selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. 

Manfaat Mesin RO dalam Pengolahan Air Laut

Sebenarnya ada banyak manfaat penggunaan mesin RO ini dalam kehidupan, misalnya pada proses pengolahan air skala rumah tangga juga skala industri. Namun, kali ini hanya akan dibahas pemanfaatan Mesin RO untuk pengolahan air laut dan payau tentunya. Dimana dengan menggunakan mesin RO akan mempermudah manusia untuk mengolah air yang asin menjadi tawar. 

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa cara kerja mesin RO memerlukan adanya tekanan. Untuk kekuatan tekanan ini cukup berbeda-beda tergantung dari kegunaannya. Jika hanya digunakan dalam skala rumah tangga maka ukuran mesin dan performanya akan jauh lebih rendah dan sederhana. 

Namun, jika pada mesin untuk pengolahan air laut maka akan digunakan pompa dengan tekanan tinggi yaitu 750 hingga 900 Psi. Oleh karena itu akan disiasati dengan memadukan pompa Axial Piston dengan membran SWRO alias membran mesin RO ini. 

Demikian itu penjelasan dan cara kerja sederhana dari mesin RO. Selain itu juga manfaatnya mesin RO yang bisa membantu kehidupan manusia. Termasuk dalam proses pengolahan air laut dan payau. Dimana air yang awalnya mengandung banyak zat terlarut NaCl atau garam, menjadi air tawar yang sehat untuk dikonsumsi. 

You may also like