Home Tekno Mengetahui Manfaat dan Fungsi Website Bagi Pelaku Bisnis

Mengetahui Manfaat dan Fungsi Website Bagi Pelaku Bisnis

by Fery Ferdiansyah
Mengetahui Manfaat dan Fungsi Website Bagi Pelaku Bisnis

Siapa sih yang tidak ingin bisnis ataupun perusahaannya dikenal oleh lebih banyak orang? Pasti hampir seluruh pelaku bisnis mengharapkan hal yang sama, yaitu bisnis yang dijalankannya mampu berkembang dengan besar hingga dikenal masyarakat luas.

Nah, karena alasan tersebut, banyak pelaku bisnis yang berlomba-lomba untuk membuat perusahaan mereka lebih terkenal. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media digital yang memang sedang ramai di era ini. Salah satu platform digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan adalah dengan menggunakan website.

Website dirasa penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap serta memberikan informasi terbaru secara cepat. Berikut ini akan disampaikan manfaat dan fungsi website sebagai penunjang bisnis.

Manfaat Website

Keberadaan website selain alasan di atas, juga memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan memiliki website yang bersifat profesional, bisnis yang kita miliki akan semakin terlihat kredibel di mata pelanggan. Pada website bisnis yang kita miliki, pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi terkait bisnis kita dengan lebih mudah. Oleh karena itu, tidak hanya sekadar memiliki website saja, namun kita juga harus membuat tampilan website kita menjadi menarik. Semakin bagus dan menarik tampilan website yang kita miliki, maka pelanggan atau calon pelanggan akan lebih percaya dengan bisnis yang kita jalankan.

2. Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Memiliki website bisnis sendiri juga bisa membantu kita dalam menghemat waktu dan anggaran yang dimiliki. Menyampaikan informasi dalam satu platform sekaligus tentu lebih efektif dan efisien dibandingkan jika harus melakukannya dengan cara konvensional seperti melalui telepon dan brosur.

3. Memudahkan Pencarian Informasi

Biasanya pelanggan yang tertarik dengan bisnis kita akan berusaha untuk mendapatkan informasi lebih banyak terkait bisnis yang kita jalankan. Dengan memiliki website, seluruh informasi terkait bisnis bisa diakses dengan mudah, kapanpun dan dimanapun, oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

4. Memperluas Jaringan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa website dapat diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun, sehingga memiliki website untuk bisnis sendiri tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kita selaku pelaku bisnis. Dengan sifatnya yang mampu menyebar dengan luas, bisnis yang sedang kita jalankan juga bisa menjangkau pasar dengan lebih luas, baik di tingkat nasional hingga internasional.

Fungsi Website

Selain manfaat di atas, website juga memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Sarana Penyampaian Informasi

Salah satu fungsi website adalah sarana untuk menyampaikan informasi, mulai dari yang terbaru hingga yang menarik untuk dibaca oleh pelanggan. Jika biasanya, kita membuat promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook saja, mungkin kita bisa mencoba menambahkan website sebagai sarana promosi juga. Seperti yang kita tahu, media sosial hanya mampu memberikan informasi secara sekilas saja, sedangkan untuk bisa menarik pelanggan dalam jumlah yang lebih banyak, kita perlu memberikan informasi yang lebih banyak pula. Dan hal tersebut bisa dilakukan dengan website.

2. Sarana Transaksi Jual Beli Toko Online/E-commerce

Website juga bisa digunakan sebagai media untuk menampung proses transaksi jual beli online atau sering disebut dengan e-commerce. Dengan menggunakan website, kita bisa mendatangkan lebih banyak calon pelanggan untuk membeli produk barang atau jasa melalui website yang telah disediakan. Bagi teman-teman yang mungkin sudah memiliki toko online, juga bisa membuat website dengan sitepad builder sehingga lebih mudah dalam dalam pengelolaan website. Sitepad ini sangat mudah di gunakan untuk kegiatan website kita dalam sehari-hari.

3. Tempat Menampilkan Produk

Dengan menggunakan website secara resmi, kita akan lebih mudah menampilkan daftar produk dengan lengkap. Selain itu, ada menu pencarian yang memudahkan pelanggan dalam mencari produk sesuai kriteria yang diinginkan.

4. Mampu Menjaring Pelanggan secara Luas

Setelah memiliki situs website secara resmi untuk bisnis yang kita jalankan, selanjutnya kita bisa melakukan penjaringan pelanggan secara luas. Kita bisa menggunakan alat optimasi website, seperti penerapan search engine optimization, SEM, Google Ads, dan lain sebagainya agar produk yang kita pasarkan bisa dengan mudah dikenal oleh calon pelanggan.

Nah demikian tadi informasi terkait manfaat dan fungsi website yang bisa disampaikan. Semoga bisa menambah informasi bagi kita semua. Jika teman-teman memiliki bisnis namun belum memiliki website pribadi secara resmi, Jetorbit menyediakan layanan pembuatan website. Tidak hanya itu, tersedia juga produk lain seperti hosting, domain murah, cloud vps managed, dan produk-produk lainnya yang mungkin bisa mendukung bisnis teman-teman.

You may also like