Home Tips Panduan Cara Memesan Tiket Pesawat Online

Panduan Cara Memesan Tiket Pesawat Online

by Fery Ferdiansyah
Panduan Cara Memesan Tiket Pesawat Online

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang dapat diandalkan untuk mendukung mobilitas seseorang dari satu kota ke kota lain dengan waktu tempuh yang relatif singkat. Saat ini, naik pesawat terbang bukan lagi sesuatu yang mewah dan hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang, sebab mulai banyak maskapai penerbangan tanah air yang semakin mendekatkan diri dengan masyarakat dengan melayani penerbangan dengan beaya yang relatif murah. Selain itu, peningkatan infrastruktur pendukung penerbangan seperti bandara yang intens dilakukan oleh pemerintah juga menjadi faktor mengapa perjalanan dengan pesawat terbang semakin diminati dan jumlah penumpangnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan perjalanan dengan pesawat adalah keberadaan tiket. Saat ini, tiket pesawat semakin mudah didapatkan seiring dengan banyaknya agen tiket online.

Berikut ini akan dibahas mengenai panduan cara memesan tiket pesawat online:

  1. Menentukan Situs/Website Penjual Tiket Terpercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memesan tiket pesawat secara online adalah menentukan situs atau penjual tiket yang terpercaya. Di internet, terdapat banyak sekali agen perjalanan yang menjual tiket secara online, baik tiket pesawat hingga berbagai moda transportasi lainnya. Anda dapat mengecek dua atau tiga situs penjual tiket online terpercaya untuk membandingkan harga dan sekaligus mengecek jadwal penerbangan dan ketersediaan tiket. Perlu diingat, kuota tiket dan harga yang ditawarkan masing-masing agen perjalanan tentu berbeda-beda, sehingga membandingkan harga di beberapa website penjual tiket perlu dilakukan.

Jika Anda tidak memiliki pandangan tentang situs jual beli tiket online yang dapat dipercaya, atau tiket yang Anda inginkan pada tanggal penerbangan tersebut sudah habis, Anda dapat mengunjungi situs resmi maskapai penerbangan yang akan Anda pilih. Memesan tiket pesawat online di website resmi sebuah maskapai penerbangan cenderung labih aman dan terpercaya.

2. Mencari Penerbangan Sesuai Jadwal

Biasanya, penumpang akan terlebih dahulu mencari penerbangan yang tersedia pada tanggal tersebut untuk mengetahui ketersediaan kursi. Setelah mengetahui bahwa ada beberapa kursi yang masih tersedia, barulah kemudian calon penumpang akan menentukan akan terbang dengan maskapai penerbangan yang mana. Carilah penerbangan yang diinginkan, baik dari segi jadwal, tujuan penerbangan, maskapai, maupun kelas/harga tiket yang sesuai.

Cara paling mudah untuk mencari penerbangan adalah: pilih rute berangkat (masukkan kota asal dan kota tujuan), dan kemudian tunggu data penerbangan yang masih tersedia itu muncul di monitor komputer Anda.

3. Memilih Penerbangan dan Mengisi Data

Setelah mendapatkan informasi tentang jadwal dan maskapai penerbangan yang masih tersedia pada tanggal tersebut ke kota tujuan Anda, barulah Anda menentukan pesawat yang akan Anda naiki. Ketika memilih penerbangan, Anda akan mendapatkan informasi detail mengenai tanggal keberangkatan, jam chek in, jadwal tiba, dan harga tiket. Selanjutnya, klik “Pesan Sekarang”, lalu isilah kolom data yang tersedia sesuai dengan identitas asli Anda atau disesuaikan dengan identitas yang tertera pada KTP. Jangan lupa pula untuk mencantumkan alamat email yang masih aktif.

4. Melakukan Pembayaran

Setelah data mengenai calon penumpang sudah Anda isi secara lengkap, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembayaran. Pihak agen tiket online akan memberi petunjuk lengkap tentang jumlah uang yang harus Anda transfer dan nomor rekening pihak agen tiket tersebut.

Setelah pembayaran sudah selesai Anda penuhi, lakukanlah konfirmasi ke pihak agen. Selanjutnya, tunggu pihak agen mengirimkan file tiket pesawat online ke alamat email Anda. File tiket tersebut bisa Anda print untuk digunakan ketika chek in di bandara.

You may also like