Home Wisata Panduan Dasar Berpergian Dengan Pesawat Menjelang Keberangkatan

Panduan Dasar Berpergian Dengan Pesawat Menjelang Keberangkatan

by Fery Ferdiansyah
Panduan Dasar Berpergian Dengan Pesawat Menjelang Keberangkatan

Berpergian dengan pesawat—Naik pesawat memang menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia di saat mudik. Karena moda trasnportasi ini memberikan kenyamanan dan keamanan dengan standar tinggi kepada penumpangnya. Jadi jangan heran, kalau di setiap tahunnya fasilitas bandara dan maskapai penerbangan selalu berbenah memperbaiki dan menambah segala macam kebutuhan yang terbaik untuk para penumpang pesawat terbang, agar selalu aman, nyaman dan selamat.

Bagi Anda yang tahun ini akan mudik pertama kali dengan naik pesawat, kami akan berikan panduan dasar berpergian dengan pesawat untuk pemula, yang bisa Anda jadikan panduan referensi Anda menjelang keberangkatan.

  • Tips Packing:

Biasanya bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat sering merasa kewalahan atau kebingungan saat berkemas. Seperti ingin membawa semua barang-barang. Namun hal tersebut mustahil. Karena bagasi di dalam pesawat memiliki ukuran maksimal mengenai barang-barang penumpang. Meski tampak remeh, packing membutuhkan siasat. Perlu cara-cara jitu agar barang-barang yang akan kita bawa berpergian dengan pesawat termuat rapi di dalam tas atau koper.

  1. Pilih pakaian yang mulitfungsi untuk meringankan bawaanmu.
  2. Gulung lebih dulu pakaian tahan kusut, seperti kaos jeans, dan celana kain.
  3. Selipkan barang berukuran kecil seperti kaus kaki atau pakaian di dalam bagian kosong koper.
  4. Hindari menyimpan perhiasan dan barang berharga di dalam koper.
  • Melindungi Barang Bawaan Saat Di Bandara:

Hindari pergi mendahului tas Anda saat melewat detektor logam dan selalu awasi tas dan barang bawaan Anda, usahakan juga untuk memberikan tanda/label. Lakukan pengawasan kemaksimalan terhadap barang bawaan Anda. Karena begitu banyak orang yang hilir mudik di bandara.

  • Persiapkan Kelengkapan Dokumen Sebelum Check-in:

Antrian panjang saat check-in sering terjadi karena banyak penumpang baru menyiapkan kartu identitas, tiket, dokumen, lainnya sudah berada di konter check-in. Sebaiknya siapkan tiket pesawat dan kartu identitas Anda terlebih dulu saat masih di dalam antrian. Sehingga proses check-in bisa berjalan cepat dan efektif, sehingga antrean calon penumpang dibelakangmu juga tak perlu menunggu lama.

Selalu persiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan sebelum check–in dan selalu budayakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman.

  • Check In 30 Menit Sebelum Penerbangan:

Perlu Anda ingat, batas waktu check-in 30 menit sebelum keberangkatan pesawat udara. Aturan batas waktu check–in telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18. Tibalah di bandara lebih awal, agar perjalanan penerbangan Anda aman dan nyaman selamanya. Check-in di Bandara merupakan prosedur resmi maskapai penerbangan yang akan mencatat setiap calon  penumpang yang datang ke dalam data manifes penerbangan mereka. Untuk itu setelah sampai di bandara, carilah loket check-in sesuai nama maskapai penerbangan Anda.

Dalam proses check-in Anda akan dimintai oleh petugas check-in tiket pesawat atau print out tiket elektronik jika Anda memesannya lewat layanan online. Selain itu, Anda juga akan dimintai bukti identitas resmi seperti KTP dan barang bawaan Anda  juga akan ditimbang sebelum masuk ke bagasi pesawat. Nah, dalam proses check-in, Anda akan diberikan boarding pass yaitu kartu yang diberikan kepada penumpang naik pesawat. Penumpang yang telah mendapatkan boarding pass bisa masuk ke dalam pesawat dengan kelas, kompartemen, dan nomor tempat duduk untuk menunggu panggilan keberangkatan dari maskapai pesawat Anda.

Semoga panduan dasar berpergian dengan pesawat menjelang keberangkatan di atas bisa bermanfaat dan agar penerbangan Anda tetap selamat, aman, dan nyaman.

You may also like