Home Bisnis Pentingnya Program Sertifikasi Coaching

Pentingnya Program Sertifikasi Coaching

by Fery Ferdiansyah
Pentingnya Program Sertifikasi Coaching

Tidak sedikit orang-orang mengikuti program sertifikasi coaching guna meningkatkan kompetensi di dalam dirinya. Mulai dari kalangan pebisnis hingga leader. Program ini sering diadakan oleh beberapa lembaga dengan mentor yang terbukti berkompeten. Bukan hanya tren, sertifikasi coaching bahkan dianggap sebagai keharusan. Lalu apa saja manfaat yang akan diperoleh? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Sertifikasi Coaching?

Sertifikasi coaching merupakan suatu program yang khusus dirancang bagi orang-orang yang ingin mendalami profesinya hingga mampu meningkatkan kemampuan. Menjadi seorang coach memang harus dibekali dengan sertifikasi standar kompetensi. Sebab itu dapat dipakai sebagai jaminan bahwa orang tersebut telah memenuhi standar tertentu.

Perlu diketahui juga, bahwa kredibilitas dari sertifikasi sangat tergantung dengan orang yang memberikannya. Karena itulah, tidak bisa sembarangan mengikuti sertifikasi coaching. Sebelum mengikuti program ini, biasanya seseorang diharuskan menyetorkan investasi. Untuk selanjutnya berhak memperoleh beberapa benefit sekaligus, seperti tools dan platform yang telah teruji.

Manfaat Sertifikasi Coaching

Mengikuti program sertifikasi coaching memberikan manfaat yang sangat signifikan. Selain meningkatkan kompetensi dan kredibilitas, ada keuntungan-keuntungan lain yang akan diperoleh melalui program ini. Berikut adalah uraiannya:

1. Menambah Nilai Plus

Orang-orang yang mempunyai sertifikasi coaching akan memperoleh nilai plus di mata sebuah perusahaan ataupun kliennya. Berbeda dengan seseorang yang tidak mendapatkannya, tentu lebih unggul pemilik coaching certification. Alasan utamanya karena kompetensinya telah melalui tahap evaluasi dan disetujui lembaga tertentu.

2. Menunjang Karier Profesional

Sertifikasi coaching menjadi bekal yang sangat penting bagi seseorang di dunia kerja. Berkat pelatihan yang diberikan oleh mentor dan fasilitator terbaik, kompetensinya menjadi meningkat. Bisa dibilang, karir profesionalnya akan tetap cerah. Bahkan potensi untuk naik gaji juga besar.

3. Pemenuhan Persyaratan

Terkadang, orang-orang yang mengikuti program sertifikasi coaching tidak hanya sekedar ingin meningkatkan kompetensinya. Tapi ada juga yang mendapatkannya guna memenuhi persyaratan. Sebab ada beberapa perusahaan yang mengharuskan adanya sertifikasi tersebut saat proses rekrutmen.

4. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Sudah disinggung bahwa sertifikasi coaching menjadikan seseorang satu tingkat lebih unggul daripada yang tidak mengikuti programnya. Bagi para pencari kerja, sertifikasi membuatnya memiliki kesempatan besar untuk diterima di perusahaan. Alasannya karena memiliki keunggulan kompetitif.

5. Meningkatkan Kredibilitas

Untuk para leader dan entrepreneur, coaching certification sangat membantu dalam meningkatkan kredibilitas. Dirinya mampu meyakinkan pelanggan bahwa produknya dibuat oleh pihak-pihak yang terbukti kompeten. Sertifikasi juga mempermudahnya saat melakukan rekrutmen dan mencari kandidat unggul.

Demikian penjelasan mengenai program sertifikasi coaching dan beberapa manfaat yang diberikan. Apabila ingin mengikuti program ini, sebaiknya pilih fasilitator yang berkompeten, yang mempunyai kompetensi dan pengalaman luas di bidangnya, dan bersedia memberikan pendampingan kepada para peserta. Selain itu, temukan program yang menawarkan investasi dan benefit yang seimbang.

You may also like