Home Wisata Perbedaan Harga Tiket Pesawat

Perbedaan Harga Tiket Pesawat

by Fery Ferdiansyah
Perbedaan Harga Tiket Pesawat

Diskriminasi sebenarnya tak selalu mengandung arti negatif. Terkadang, diskriminasi juga digunakan untuk frasa-frasa tertentu. Seperti misalnya dalam ilmu ekonomi, dikenal ada yang namanya sebagai diskriminasi harga. Bukan, ini maksudnya bukan pelecehan harga, tapi adalah pembedaan rentang harga. Biasanya, dibedakan oleh beberapa faktor tertentu, semisal faktor waktu dan faktor kelangkaan. Nah, inilah yang menyebabkan munculnya diskriminasi atau perbedaan harga.

Diskriminasi harga inilah yang barangkali sering dilakukan oleh maskapai penerbangan. Namun, jangan salah, ini justru sering dimanfaatkan beberapa orang untuk memburu tiket murah. Karena, diskriminasi harga tiket pesawat inilah yang membuat tiket bisa menjadi begitu mahal, namun di waktu yang lain bisa menjadi begitu murah.

Pesawat merupakan salah satu media transportasi yang menjadi penghubung pulau-pulau kecil di Indonesia yang sulit dijangkau. Hal ini tentu saja sangat membantu banyak orang. Diskriminasi harga memungkinkan semua orang bisa mendapatkan kesempatan mengunjungi banyak tempat tersebut dengan budget terbatas.

Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa ulasan cara untuk memanfaatkan perbedaan harga tiket pesawat.

  • Menjadi pemesan awal

Menjadi pemesan awal. Ya, biasanya ini adalah cara untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga miring. Karena, diskriminasi harga, ada rentang selisih harga yang lumayan antara tiket waktu pertama kali dijual dengan saat ketika sudah memasuki pertengahan waktu keberangkatan. Maka, sebaiknya Anda memanfaatkan waktu awal untuk memesan tiket. Karena jika sudah berjalan pada pertengahan pemesanan, tiket pesawat bisa melonjak harganya. Anda bisa memanfaatkan ini.

  • Memilih rute yang jarang dikunjungi

Diskriminasi harga sebenarnya tak hanya ditentukan oleh waktu pemesanan saja. Namun, juga berlaku ketika kita memilih rute yang jarang dikunjungi. Biasanya rute penerbangan yang jarang dikunjungi ini memang seringkali dibandrol dengan harga tiket yang cukup murah.

Nah, bagi Anda yang menyukai kegiatan traveling ke tempat yang asing dikunjungi, maka Anda pun bisa memanfaatkan diskriminasi harga ini.

  • Mencari promo tiket yang kurang diminati

Diskriminasi tiket pesawat juga bisa disebabkan karena promo tiket yang kurang diminati .Ya, promo yang suah cukup lama dipajang, yang tak diminati oleh pembeli, biasanya bakal dipangkas lagi harganya.Anda bisa memanfaatkan pemangkasan harga ini tentu saja. Karena harganya pasti menjadi murah sekali.

  • Menunggu tiket pada detik terakhir

Tiket yang dijual pada detik-detik terakhir biasanya juga sama. Tiketnya dijual dengan harga yang sangat miring. Ini dikarenakan, tiket yang tadinya dianggap akan ludes ketika dijual dengan harga normal, justru tetap tersedia karena tak ada yang membeli.

Maka, memangkas harga adalah cara untuk menjual tiket ini. Hal ini, sebenarnya dikenal dengan istilah obral. Tiket jenis ini memang diobral agar kursi yang tersisa tidak menjadi percuma atau sia-sia.

  • Memanfaatkan tiket segmen kelas menengah ke bawah

Diskriminasi harga biasanya juga diberlakukan untuk beberapa jenis tiket. Salah satunya adalah tiket penerbangan pesawat rute jarak dekat atau domestik. Tiketnya dijual dengan harga yang lumayan murah. Ini juga berlaku pada tiket segmen kelas menengah ke bawah.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk memanfaatkan diskriminasi harga tiket pesawat. Bagi Anda yang menyukai perjalanan dengan menggunakan transportasi pesawat terbang, maka tips tadi bisa Anda terapkan. Pesawat adalah salah satu transportasi umum yang harga tiketnya memang sengaja dibuat fares atau harga yang tidak konsisten karena hal-hal yang sudah dikemukakan tadi.

You may also like