Home Wisata Perbedaan Pemesanan Tiket Pesawat Melalui Online dan Offline

Perbedaan Pemesanan Tiket Pesawat Melalui Online dan Offline

by Fery Ferdiansyah
Perbedaan Pemesanan Tiket Pesawat Melalui Online dan Offline

Kini pergi menggunakan pesawat menjadi hal yang biasa. Cara pemesanan tiketnya pun tidak ribet. Anda bisa memesannya melalui agensi tiket online ataupun offline. Mungkin diantara pembaca ada yang bingung memilih mana yang lebih praktis apakah pemesanan melalui online atau offline?

Seiring dengan majunya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ada banyak hal yang bisa diakses dan Anda dapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah pemesanan tiket secara online. Tiket yang ditawarkan adalah dari maskapai penerbangan yang ada, baik tujuan domestik maupun ke luar negeri (internasional). Walaupun demikian, penjualan tiket secara langsung (offline) masih tetap bisa dilakukan.

Sebelum melakukan pemesanan tiket, ada baiknya mengetahui apa saja perbedaan pemesanan tiket pesawat melalui online dan offline. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini, karena keduanya akan kita bahas.

  1. Jika Anda membeli tiket online, Anda harus menuliskan data-data sendiri dan akan mendapatkan struk bukti atau kode booking melalui email. Anda bisa mencetaknya sebelum berangkat ke bandara. Sedangkan jika membeli tiket langsung (offline), tiket akan langsung dicetak oleh petugas.
  2. Jika Anda membeli tiket dengan cara offline, Anda harus mendatangi travel agent atau maskapai penerbangan yang bersangkutan. Sedangkan jika membeli tiket secara online, Anda tinggal membuka situs atau website atau bisa menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan penjualan tiket online. Sekarang hampir sebagian besar maskapai penerbangan memiliki website resmi yang memberikan fasilitas pembelian tiket online.
  3. Pembayaran pemesanan tiket secara offline harus menggunakan uang cash atau tunai. Sedangkan pembelian melalui online akan diberikan tenggang atau limit waktu untuk melakukan pembayaran. Metode pembayarannya bisa menggunakan transfer melalui ATM, kartu kredit, kartu debit atau menggunakan fasilitas layanan e-banking.
  4. Salah satu kemudahan atau sisi praktis membeli tiket pesawat secara offline adalah Anda tidak perlu mengisi formulir data, tinggal membayar saja. Saat pemesanan Anda akan ditanya oleh petugas yang mengisi data mengenai: tujuan, jadwal dan harga tiket yang akan dipesan. Jika pesan tiket rombongan, biasanya akan diberikan harga lebih murah. Hal ini lebih praktis tanpa harus pusing mendata harga pembelian puluhan tiket. Sedangkan jika membeli secara online, pembeli yang harus mengisi sendiri data, mulai dari jadwal, rute, harga sampai proses memasukkan datanya.

Sebenarnya kedua-duanya sama-sama praktis dan menguntungkan, tergantung kemana tujuan, kebutuhan dan kondisi masing-masing orang. Misalnya jika tujuan Anda adalah tempat yang banyak didatangi oleh maskapai penerbangan bisa memilih fasilitas pemesanan tiket online karena biasanya akan mendapatkan harga terbaik.

Atau jika mobilitas dan aktivitas Anda padat, tidak sempat membeli langsung, solusinya bisa beli online. Namun jika kota atau negara yang menjadi tujuan Anda maskapainya terbatas sebaiknya membeli tiket secara offline, karena biasanya pemesanannya terbatas. Jika Anda ingin mendapatkan tiket murah, cari informasi data harga tiket dan bandingkan harga tiket pesawat maskapai yang satu dengan yang lain. Bandingkan pula dengan harga yang ditawarkan oleh agensi penjualan tiket yang satu dengan yang lainnya. Jika tidak, Anda bisa menunggu program promo harga atau lakukan pesanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Demikian informasi mengenai perbedaan pembelian tiket pesawat secara online maupun offline. Nah jadi, keputusan memilih pembelian secara online atau offline ada di tangan Anda. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

You may also like