Home Wisata Perhatikan 11 Hal Ini, Jika Ingin Melakukan Check-in Online Pesawat

Perhatikan 11 Hal Ini, Jika Ingin Melakukan Check-in Online Pesawat

by Fery Ferdiansyah
Perhatikan 11 Hal Ini, Jika Ingin Melakukan Check-in Online Pesawat

Check-in Online−Suatu fasilitas yang ditawarkan untuk memudahkan calon penumpang pesawat, karena tidak perlu pergi ke tempat atau bandara untuk melakukan pemesanan. Pada umumnya, generasi milenial senang akan sesuatu yang berhubungan dengan internet karena dianggap lebih modern dan maju. Berlaku juga untuk check-in tiket pesawat. Sekarang ini, sudah banyak masyarakat yang lebih memilih untuk check-in online daripada datang langsung ke bandara, karena lebih praktis dan tidak memakan waktu banyak. Walau terhitung mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan check-in menggunakan internet atau online, yang pastinya sangat bermanfaat untuk Anda.

Diantaranya adalah:

  • Check-in hanya bisa dilakukan pada waktu 24 jam sebelum keberangkatan dan waktu check-in akan ditutup 2 jam sebelum keberangkatan.
  • Anda harus memahami cara check-in dengan benar. Bagi sebagian orang, mungkin sangat mudah, namun bagi yang tidak menguasai bahasa Inggris, pasti akan sedikit kesulitan untuk memahami kata-katanya. Untuk itu, ubahlah terlebih dahulu setting-nya ke dalam bahasa Indonesia.
  • Siapkan tiket sebelum melakukan check-in secara online. Biasanya, informasi yang diminta terkait kode pemesanan dan nama calon penumpang.
  • Koneksi internet. Ini yang paling penting ketika akan melakukan check-in secara online. Jika tidak memiliki koneksi internet, maka check-in tidak akan bisa dilakukan.
  • Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan teman atau saudara atau bisa disebut rombongan, maka check-in bisa dilakukan sekali saja. Catatan, kode pemesanan harus sama. Namun, jika kode pemesanan Anda tidak sama dengan teman atau saudara, dan ingin duduk dalam satu baris, maka cukup sulit dilakukan. Bukan berarti tidak ada solusi, Anda bisa menyiasatinya dengan cara, membuka web browser sesuai jumlah penumpang, pilih tempat duduk sesuai yang Anda inginkan, lalu lanjutkan check-in. Lakukan cara yang sama pada penumpang lainnya. Cara tersebut harus cepat dilakukan, untuk mencegah tempat duduk Anda direbut oleh calon penumpang lain. Sekali lagi, koneksi internet sangat berperan penting di sini.
  • Ketahuilah, bahwa ada beberapa maskapai yang mengenakan tarif untuk pemilihan tempat duduk.
  • Anda tetap diminta untuk memperlihatkan identitas di konter check-in, walaupun sudah melakukan check-in melalui internet dan sudah memiliki boarding pass yang bisa dicetak sendiri. Anda pun harus ikut mengantre jika ada bagasi. Meskipun begitu, karena Anda sudah medapatkan tempat duduk, Anda tidak akan mengalami proses yang cukup lama.
  • Ada suatu kondisi tertentu, di mana Anda sudah memiliki boarding pass dan tanpa bagasi, Anda bisa langsung dipersilakan ke ruang tunggu keberangkatan.
  • Check-in melalui internet, dapat membuat Anda memilih tempat duduk sesuai selera.
  • Ketika konter check-in sudah ditutup 1 jam sebelum keberangkatan, Anda tidak perlu khawatir, karena boarding pass sudah ada di tangan. Hal ini menyebabkan dipanggilnya nama penumpang secara berulang-ulang oleh petugas bandara, karena sudah check-in online, namun proses boarding penumpang yang bersangkutan belum ada. Entah penumpang tersebut sedang ada di toilet, musala, sedang makan atau bahkan masih dalam perjalanan. Jika seperti ini, pihak maskapai biasanya masih memberikan toleransi. Tentunya dalam batas yang masih wajar.
  • Tetap harus mencetak terlebih dahulu boarding pass yang Anda miliki, walau sudah check-in secara online.

Semoga informasi tersebut dapat menjawab pelbagai macam pertanyaan Anda.

Sumber : https://angkasa.co.id/

You may also like