Home Tips Petunjuk Keselamatan Ketika Pesawat Dalam Keadaan Darurat

Petunjuk Keselamatan Ketika Pesawat Dalam Keadaan Darurat

by Fery Ferdiansyah
Petunjuk Keselamatan Ketika Pesawat Dalam Keadaan Darurat

Pesawat terbang dianggap sebagai moda transportasi yang paling aman dibandingkan dengan berbagai jenis moda transportasi lainnya. Persentase kecelakaan pesawat tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan persentase jumlah kecelakaan yang menimpa kendaraan darat. Perjalanan dengan pesawat ditunjang oleh pengamanan yang sangat ketat, mulai dari sebelum berangkat hingga setelah mendarat. Misalnya, keamanan di bandara yang dilakukan secara berlapis. Meskipun merupakan moda transportasi paling aman, bukan tidak mungkin jika pesawat terbang sewaktu-waktu akan menghadapi keadaan darurat, seperti cuaca buruk, hilang kontak dengan menara pengawas, mengalami kerusakan di bagian elemen pesawat, dan berbagai kondisi darurat lainnya. Oleh sebab itu, setiap penumpang wajib memperhatikan pengumuman dan petunjuk dari kru pesawat jika pesawat dalam kondisi darurat.

Berikut ini adalah bahasan mengenai petunjuk keselamatan ketika pesawat dalam keadaan darurat.

Petunjuk Tentang Penggunaan Sabuk Pengaman

Salah satu arahan pertama yang diberikan oleh kru pesawat jika pesawat mengalami kondisi darurat biasanya adalah meminta penumpang untuk memakai sabuk pengaman atau seat belt. Fungsi sabuk pengaman yang paling utama adalah menahan tubuh penumpang agar tetap berada di kursi pesawat dengan aman, baik ketika terjadi guncangan, perubahan arah atau orientasi pesawat, maupun ketika pesawat akan mengalami benturan atau akan mendarat secara darurat. Petunjuk keselamatan yang harus diperhatikan terkait dengan sabuk pengaman adalah, pastikan sabuk pengaman terpasang secara kencang. Banyak sekali penumpang yang hanya sekadar memasang sabuk pengamannya demi kewajiban, namun tidak mengingatnya secara kencang. Hal tersebut tentu akan mengurangi fungsi utama sabuk pengaman. Akan percuma jika sabuk pengaman digunakan dalam keadaan longgar, tubuh penumpangnya akan tetap terguncang jika terjadi turbulensi atau kondisi membahayakan.

Mengenakan Jaket Pelampung Keselamatan

Sebelum melakukan penerbangan, kru pesawat biasanya akan menginformasikan kepada seluruh penumpang mengenai fasilitas penunjang keselamatan, salah satunya adalah jaket atau rompi pelampung. Kru pesawat akan menginformasikan tentang letak penyimpanan pelampung tersebut, bagaimana cara menggunakannya, dan bagaimana cara mengikat atau mengencangkan tali pelampung tersebut.

Sementara terkait dengan jaket pelampung, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tentang letak pelampung. Sebagian besar maskapai penerbangan biasanya meletakkan pelampung di bawah kursi masing-masing penumpang. Kedua, terkait dengan cara mengembangkan pelampung, cara yang paling efektif agar pelampung cepat mengembang adalah tidak menarik kedua tali pengembang secara bersamaan. Tariklah tali kanan terlebih dahulu hingga pelampung sisi kanan mengembang sempurna, kemudian barulah tarik tali pengembang sebelah kiri. Ketiga, ikatlah pelampung dengan kencang ke tubuh Anda, lalu nyalakan lampu pelampung.

Masker Oksigen

Fasilitas lain yang menunjang keselamatan penumpang dalam perjalanan pesawat adalah masker oksigen. Yang harus diketahui oleh penumpang, masker oksigen hanya dapat keluar dari atas tempat duduk masing-masing penumpang jika benar-benar dibutuhkan. Masker oksigen tidak akan keluar jika suplai oksigen dalam pesawat masih baik. Jadi, jangan panik jika tiba-tiba Anda sulit bernapas karena pesawat sedang dalam kondisi darurat. Bersikaplah tetap tenang, sebab jika sudah benar-benar darurat, masker oksigen akan keluar dengan sendirinya.

Setelah mengetahui fungsi masing-masing fasilitas yang dapat digunakan dalam kondisi darurat, selanjutnya terdapat tiga hal yang harus dilakukan penumpang jika pesawat dalam kondisi darurat, yaitu: pertama, pakailah sabuk pengaman dengan kencang; kedua, lipatlah meja di depan kursi dan tegakkan sandaran kursi yang Anda duduki; ketiga, bukalah jendela untuk mengetahui keadaan dan kondisi di sekitar pesawat, dan selalu perhatikan pintu darurat.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui oleh penumpang mengenai petunjuk keselamatan ketika pesawat dalam keadaan darurat untuk keamanan dan kenyamanan Anda.

You may also like