Home Wisata Rute Penerbangan dengan Jarak Paling Jauh dari Jakarta

Rute Penerbangan dengan Jarak Paling Jauh dari Jakarta

by Fery Ferdiansyah
Rute Penerbangan dengan Jarak Paling Jauh dari Jakarta

Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang dijadikan pilihan utama ketika seseorang akan melakukan perjalanan jarak jauh, misalnya perjalanan antar pulau atau bahkan perjalanan antar negara. Jarak tempuh penerbangan jarak jauh minimal ditempuh dalam waktu tujuh jam. Para penumpang pesawat yang berangkat dari Indonesia akan sering mengalami penerbangan jarak jauh, terutama ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Sejumlah maskapai bahkan melayani penerbangan jarak jauh tersebut dengan penerbangan langsung, yaitu penerbangan non stop tanpa harus melakukan transit di bandara tertentu untuk mengisi bahan bakar. Berikut ini adalah beberapa rute penerbangan langsung terjauh dari Jakarta  dengan jarak dan waktu tempuh yang cukup panjang.

Jakarta-Amsterdam

Perjalanan dari Jakarta menuju Amsterdam – Belanda merupakan rute penerbangan terjauh yang dapat ditempuh secara langsung. Perjalanan yang memakan waktu 14 jam 30 menit ini menempuh jarak 11.300-an kilometer. Melakukan perjalanan selama lebih dari setengah hari di atas pesawat tentu akan sangat melelahkan. Namun hebatnya, salah satu maskapai penerbangan nasional milik pemerintah Indonesia menempuh rute terjauh ini setiap hari, dengan tiga hari di antaranya ditempuh dengan perjalanan langsung tanpa transit.

Jakarta-Istanbul

Istanbul Turki merupakan jarak terjauh lainnya yang dapat ditempuh dengan perjalanan langsung, yaitu memakan waktu selama 13 jam 15 menit, dengan menempuh jarak sekitar 9.450 kilometer. Rute ini dilayani setiap hari dari Jakarta dengan menggunakan salah satu maskapai penerbangan dari Turki.

Jakarta-Arab Saudi

Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah merupakan salah satu bandara yang paling populer dan paling sering dikunjungi oleh penumpang asal Indonesia, baik untuk haji maupun umrah. Perjalanan dari Jakarta menuju Jeddah di Arab Saudi memakan waktu selama 10 jam, dengan jarak tempuh sekitar 7980 kilometer. Penerbangan menuju Jeddah dari Jakarta dilayani setiap hari. Selain Jeddah, sebenarnya terdapat bandara tujuan lain di Arab Saudi yang jarak tempuhnya sedikit lebih jauh dari Jeddah, yaitu bandara di Madinah yang dari Jakarta berjarak lebih dari 8.000 kilometer. Selain Jeddah dan Madinah, di Arab Saudi juga terdapat satu bandara lain yang sering dikunjungi maskapai penerbangan asal Indonesia, yaitu bandara Riyadh. Jarak tempuh menuju bandara ini lebih pendek dari bandara di Jeddah dan Madinah, yaitu hanya 7.347 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 9 jam 10 menit.

Jakarta-Doha

Doha – Qatar merupakan bandara tujuan yang belakangan ini menjadi populer ditempuh oleh pesawat yang berasal dari Jakarta. Bandara di Doha cukup strategis sebab menghubungkan Indonesia dengan benua Eropa dan Amerika, sehingga bandara ini sering digunakan untuk transit. Jarak dari Jakarta menuju Doha adalah 6.900-an kilometer dengan waktu tempuh 8 jam 39 menit.

Jakarta-Abu Dabi

Selain Doha, Abu Dabi juga sering dijadikan sebagai tempat transit penerbangan dari Jakarta yang akan menuju benua Eropa dan Amerika. Fasilitas bandara yang cukup lengkap dengan desain yang megah tentu akan memberikan pelayanan yang nyaman bagi penumpang yang hendak transit atau bahkan menuju Abu Dabi. Dari Jakarta, perjalanan ke Abu Dabi memakan waktu selama 8 jam 15 menit, dengan menempuh jarak sekitar 6.620 kilometer.

Jakarta-Jayapura

Untuk rute domestik atau dalam negeri, rute penerbangan terjauh yang ditempuh dari Jakarta adalah Jayapura, yang berjarak sekitar 3.7774 kilometer, yang dapat ditempuh dengan penerbangan langsung selama lima hingga tujuh jam. Rute yang dilayani setiap hari ini melibatkan banyak maskapai penerbangan lokal.

You may also like