Home Lifestyle Selamat, Aman, Dan Nyaman Dalam Penerbangan

Selamat, Aman, Dan Nyaman Dalam Penerbangan

by Fery Ferdiansyah
Selamat, Aman, Dan Nyaman Dalam Penerbangan

Dalam proses penerbangan ada beberapa etiket wajib yang harus dipatuhi. Sebab, etiket ini memuat seperangkat aturan yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan penumpang pesawat. Penerbangan bisa selamat aman nyaman bila para penumpang mau mematuhinya.

Selamat, Aman, Dan Nyaman Dalam Penerbangan
Selamat, Aman, Dan Nyaman Dalam Penerbangan

Biasanya dalam proses penerbangan, ada beberapa tahapan yang harus dikerjain. Tata cara ini akan diinstruksikan langsung oleh para pramugari. Akan ada simulasi tentang cara penggunaan alat-alat keselamatan. Anda harus memperhatikannya dengan baik.

Selain itu, agar Anda selamat, aman, dan nyaman selama penerbangan, maka coba praktekkan juga beberapa tips di bawah ini:

  • Matikanlah Gadget Anda

Ketika Anda sudah ada dalam pesawat maka sebaiknya Anda juga mematikan seluruh perangkat gadget Anda. Jangan sampai ada yang menyala. Usahakan mati semua. Meskipun Anda bisa mengubah mode pesawat alias tanpa sinyal jaringan, namun sebaiknya matikan saja seluruhnya. Sebelum Anda ditegur oleh petugas. Karena, sebenarnya banyak sekali kasus kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh hal remeh seperti ini. Ada kecelakaan yang disebabkan karena radar pesawat terganggu oleh jaringan ponsel si penumpang. Alhasil, celaka pun menghampiri.

Maka, belajar dari pengalaman ini, Anda sebaiknya tidak menggunakan gadget atau apa pun yang menimbulkan sinyal selama di dalam pesawat. Karena itu bisa menganggu radar penerbangan.

  • Tetap rileks

Biasanya orang yang pertama kali melakukan penerbangan akan merasa canggung. Bahkan, bukan hanya canggung. Namun juga bisa terserang mabuk di udara. Maka, tipsnya adalah dengan membuat tubuh dan pikiran tetap rileks.

Mabuk di udara biasanya dikarenakan tubuh Anda tegang dan pikiran Anda melayang ke mana-mana. Jadi, sebaiknya Anda memikirkan hal-hal yang santai. Jangan khawatir dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Selama Anda mematuhi aturan, maka Anda akan selamat aman nyaman selama penerbangan.

  • Jangan terlalu sering melihat ke jendela

Anda sebaiknya juga tidak terlalu sering melongok ke jendela. Apalagi jika Anda mendapatkan tempat duduk pas di samping jendela. Karena, Anda hanya akan tambah pusing. Pemandangan di bawah yang kecil akan membuat mata Anda terlalu fokus. Sehingga membuat otot syaraf mata lelah. Akhirnya, Anda pun akan terserang pusing bila terus menerus melakukan ini.

  • Patuhilah semua aturan dalam pesawat

Saran yang paling aman adalah mematuhi semua peraturan yang ada dalam pesawat. Tidak melakukan hal-hal yang dilarang selama penerbangan. Tidak melakukan keanehan yang tidak diperlukan. Sebab itu akan menjadi pemantik masalah.

  • Jangan membawa makanan dari luar

Anda juga jangan membawa makanan dari luar. Jangan. Karena pada dasarnya penumpang tidak boleh membawa makanan di luar. Selain karena di dalam pesawat sudah dijual makanan, juga karena ini untuk menjaga kualitas kebersihan pesawat. Kami sarankan untuk makan terlebih dahulu ketika sebelum penerbangan untuk menjaga kesehatan.

  • Jangan terlalu sering ke toilet

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering pergi ke toilet. Karena ini akan sangat menganggu Anda. Anda akan menjadi kerepotan untuk membuka dan memasang kembali sabuk pengaman. Dan belum lagi jika Anda di toilet waktu akan landing, udara akan sangat terbatas.

  • Jangan merokok

Ini adalah aturan mati. Alias tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar maka akibatnya fatal. Karena merokok di dalam pesawat akan langsung menyalakan alarm tanda bahaya. Di dalam pesawat udara sangat terbatas, jadi tentu saja merokok dilarang.

Itu tadi beberapa tips selamat aman nyaman selama dalam pesawat,

You may also like