Home Lifestyle Seputar Tentang Pesawat Transit dan Penyebab Pesawat Transit

Seputar Tentang Pesawat Transit dan Penyebab Pesawat Transit

by Fery Ferdiansyah
Seputar Tentang Pesawat Transit dan Penyebab Pesawat Transit

Pesawat adalah salah satu moda transportasi yang kini cukup umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, belakangan telah menjadi tren. Sebab, kini fasilitas pesawat terbang tak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berkantong tebal. Kini, masyarakat dari kelas menengah ke bawah pun juga bisa menikmati fasilitasnya.

Selain itu, maskapai penerbangan memungkinkan konektivitas hubungan pulau-pulau kecil di Indonesia. Maskapai penerbangan juga bisa menjadi pintu gerbang masuknya turis ke Indonesia.

Banyak maskapai yang telah menerapkan beberapa kebijakan segmen harga. Baik untuk rute penerbangan jarak jauh, maupun rute penerbangan jarak dekat. Namun, untuk membuat segmen harga bisa beraneka ragam terkadang masakapai penerbangan harus pandai menekan biaya transportasinya. Salah satunya ialah dengan menerapkan kebijakan pesawat transit.

Pesawat transit sendiri merupakan sebuah kebijakan yang mengharuskan sebuah maskapai penerbangan untuk menghentikan perjalanannya untuk sementara. Bisa dalam satu negara, bisa juga beda negara. Alasannya beragam, beberapa di antaranya akan kami ulas secara singkat.

  • Okupasi tempat duduk

Pesawat transit juga bisa disebabkan oleh alasan okupasi tempat duduk. Yang dimaksud dengan okupasi tempat duduk adalah upaya dari maskapai dalam memperhitungkan ongkos ideal dalam satu tempat duduk. Ini diperuntukkan agar maskapai penerbangan itu tidak menanggung rugi. Maka dari itu, maskapai penerbangan biasanya bekerja sama dengan maskapai penerbangan lain untuk melakukan kebijakan pesawat transit.

  • Jarak terlalu jauh, pesawat terlalu kecil

Pesawat transit juga bisa disebabkan karena jarak. Ya, jarak tempuh yang akan dilalui cukup jauh. Sehingga pesawat terbang harus menyempatkan diri untuk transit terlebih dahulu. Nantinya, saat transit inilah pesawat melakukan pemulihan dari membersihkan pesawat sampai isi bahan bakar.

Namun, hal ini juga disebabkan karena pesawat terlalu kecil sehingga tidak mampu untuk menempuh rute yang terlalu jauh sehingga meneruskan beban perjalanan penumpang pada pesawat yang lebih besar.

  • Karena ada kerjasama bilateral

Hal selanjutnya juga bisa disebabkan karena adanya hubungan kerjasama bilateral di sebuah  negara. Upaya ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung di sebuah negara. Salah satu contohnya adalah Singapura. Singapura adalah salah satu negara transit yang sering dikunjungi oleh banyak turis dari berbagai macam negara. Kebanyakan adalah turis transit yang melakukan pemberhentian sementara. Maka, tidak heran bila Singapura bisa meraup pemasukkan besar dari traffic para turis ini.

Tips Selamat Transit

Selama melakukan transit pesawat, maka sebaiknya Anda juga ikut menjaga keselamatan dan keamanan Anda. Karena, tak jarang transit pesawat juga mengakibatkan para penumpang menjadi lalai. Berikut ini kami sajikan beberapa tips selamat selama transit di bandara transit.

  • Jaga barang-barang Anda

Anda harus tetap waspada untuk menjaga barang-barang Anda. Selain itu, tiket boarding pass sebaiknya jangan dihilangkan. Harus dijaga baik-baik sampai penerbangan usai. Ketika Anda transit, sebaiknya Anda melapor ke petugas agar barang yang ada di bagasi pesawat bisa dipindahkan untuk penerbangan selanjutnya.Tunjukkan tiket boarding pass Anda sebagai bukti.

  • Nikmatilah kesempatan selama transit

Selama transit, Anda sebenarnya bisa menikmati tempat transit Anda. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagai macam keperluan. Keperluan wisata belanja atau sekadar ingin istirahat sejenak di louge pesawat.

Berikut tadi adalah beberapa ulasan singkat tentang pesawat transit. Semoga bisa menjadi panduan bagi Anda yang baru pertama kali menjalani transit pesawat.

You may also like