Home Tips Tata Cara Naik Pesawat Transit

Tata Cara Naik Pesawat Transit

by Fery Ferdiansyah
Tata Cara Naik Pesawat Transit

Melakukan perjalanan menggunakan pesawat memang sungguh menyenangkan. Pesawat juga memungkinkan konektivitas antara pulau kecil di Indonesia, sehingga bisa didatangi oleh turis domestik maupun mancanegara. Tentunya hal itu membuat kita bangga akan moda transportasi udara.

Tata Cara Naik Pesawat Transit
Tata Cara Naik Pesawat Transit

Dalam penerbangan tertentu, ada pesawat yang harus transit dulu. Menaiki pesawat yang transit pun bukan berarti tidak nyaman bila Anda mengikuti aturan dan tata caranya. Ada prosedur khusus ketika menaiki pesawat transit. Tentu adanya pesawat transit karena disebabkan ada beberapa kebijakan.

Untuk melakukan transit saat pesawat sudah mendarat, sebaiknya Anda melakukan beberapa tata cara ini.

  • Melapor ke petugas check-in

Pertama-tama, saat pesawat Anda sudah berhenti secara sempurna di bandara penerbangan, Anda harus melapor petugas. Laporkan bahwa diri Anda adalah penumpang dengan tujuan penerbangan rute selanjutnya.

Tunjukkanlah tiket boarding pass Anda kepada petugas. Agar sang petugas bisa memastikan bahwa Anda adalah penumpang pesawat transit. Nantinya dari keterangan itu Anda biasanya bakal diminta untuk duduk atau bahkan mungkin turun untuk pindah pesawat. Namun, yang penting Anda harus melaporkan keterangan tersebut kepada petugas.

  • Mendengarkan instruksi

Anda harus mendengarkan instruksi dari sang petugas dengan baik-baik. Ini untuk memperhatikan tahapan selanjutnya setelah pesawat terbang yang Anda tumpangi melakukan transit. Jika Anda merasa ada yang kurang jelas, maka sebaiknya Anda pun menanyakannya langsung kepada petugas tersebut.

  • Menunggu di ruang tunggu

Setelah Anda turun dari pesawat, Anda biasanya akan diarahkan langsung ke ruang tunggu atau lounge gate bandara. Di sanalah Anda bisa sejenak merebahkan tubuh. Bisa pula mengisi daya baterai gawai Anda ketika low bat. Sebisa mungkin manfaatkanlah kesempatan ini untuk berbagai kebutuhan.

Anda juga bisa menikmati wisata belanja di tempat transit Anda. Anda bisa memanfaatkan waktu luang sebelum keberangkatan pesawat transit. Ini bisa menjadi waktu yang menarik untuk sekadar belanja di sekitar area transit tempat pesawat Anda.

Jika ingin ke toilet, Anda pun bisa melakukannya. Mengingat perjalanan Anda masih harus dilanjutkan.

  • Memastikan barang di bagasi

Hal yang tak boleh dilupakan selama pesawat transit adalah barang bawaan Anda. Anda harus tetap sigap dengan barang bawaan Anda. Boarding pass tadi adalah pemandu barang bawaan Anda. Jika barang Anda masih di bagasi, Anda bisa meminta tolong petugas untuk menurunkannya dan dipindahkan ke pesawat selanjutnya (jika memang Anda harus berganti pesawat).

  • Tetap menyimpan tiket boarding pass

Dan hal yang tak kalah penting adalah tetap menyimpan tiket boarding pass Anda selama perjalanan rute penerbangan belum usai. Karena tiket boarding pass sangat penting dan berguna sebagai bukti identitas penumpang. Jangan sampai hilang. Karena, dalam perjalanan rute penerbangan pesawat selanjutnya kemungkinan tiket boarding pass akan diminta untuk bukti kepemilikan barang bawaan di bagasi.

Berikut tadi ada ulasan tentang pesawat transit dan tata cara melakukan transit saat pesawat Anda berhenti. Semoga bisa dijadikan panduan bagi Anda yang baru pertama kali melakukan transit pesawat. Untuk itu, Anda harus sigap dalam melakukannya dan jangan sampai lalai. Jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan menimpa Anda ketika menaiki pesawat transit yang sedang berhenti. Seperti ketinggalan pesawat atau tertinggal barang bawaannya.

You may also like