Home Lifestyle Tips Liburan Ala Backpacker

Tips Liburan Ala Backpacker

by Fery Ferdiansyah
Tips Liburan Ala Backpacker

Tips Liburan Ala Backpacker—Libur panjang telah tiba. Bersamaan dengan datangnya musim mudik lebaran tahun 2017. Banyak orang yang hendak melakukan mudik lebaran tahun ini. Dengan makin meningkatnya sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pemerintah, membuat musim mudik tahun ini diharapkan berjalan dengan lancar.

Tips Liburan Ala Backpacker
Tips Liburan Ala Backpacker

Namun bagi Anda yang tidak mudik, tentu saja dapat menikmati waktu-waktu bersama keluarga dengan lebih leluasa. Quality time yang didapatkan tentu lebih baik lagi ketimbang belum liburan. Dan buat Anda yang sendiri atau tidak mudik dikarenakan keluarga memang tinggal satu atap dan masih di sekitar satu kota, maka menjalani libur panjang kali ini tentu sangat menyenangkan jika bisa berwisata mandiri ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Misal ke Bandung, ke Bali, atau ke Raja Ampat.

Nah, tips liburan kali ini akan coba berbagi tips liburan ala backpacker tapi dengan menggunakan pesawat.

“Loh kalau judulnya backpacker ya seharusnya enggak naik pesawat yang mahal itu, dong.”

Ya, tidak musti begitu juga. Kalau rumah Anda di jakarta dan Anda ingin ke Bandung misalnya, tentu no problem kalau Anda backpacker-an dengan cara hitch hiking atau nebeng mobil dengan mengacungkan jari. Nah kalau tujuan Anda ke Raja Ampat atau ke Bunaken misal, kalau pakai cara nebeng begitu, mau sampai kapan sampai di sana. Atau misal ke luar negeri, memakai cara nebeng tadi, mau sampai kapan tiba di sana. Tentunya malah tua di jalan.

Backpacker-an bukan masalah naik apa agar sampai di tujuan, namun backpacker itu lebih ke mindset dan cara bertindak. Nah, diawali dengan memastikan diri menggunakan pesawat dengan tiket promo. Karena harganya jauh lebih murah dari tiket normal. Jadi sebelum Anda memutuskan backpacker, berburulah terlebih dahulu tiket promo ini. Kamu harus sering-sering pantengin info seputar pesawat lewat online. Atau juga bisa berburu lewat Agen-agen tour and travel. Jika Anda sudah mendapatkan tiket promo tersebut, maka waktunya menyiapkan hal lainnya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Mari kita simak bebeberapa langkah-langkah berikut ini.

  • Packing Barang

Sangat dianjurkan sekali untuk tidak berlebihan dalam membawa barang. Apalagi kan kalau Anda sendiri, jadi tidak perlu dibawa semuanya. Pastikan bawa barang yang memang penting saja. Dan memang diperlukan. Untuk ukuran koper yang dianjurkan  bisa masuk dalam kabin pesawat adalah P x L x T: 58cm x 46cm x 23cm. Ketentuan ini telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 49 tahun 2012 tentang standar pelayanan penumpang kelas ekonomi angkutan udara berjadwal dalam negeri, pasal 21.  Jadi agar koper Anda tidak usah dimasukkan ke bagasi kapal, jangan membawa koper dengan berat dan besar melebihi ketentuan tadi.

  • Berangkat

Saat Hari H, cek kembali segala list barang yang anda akan bawa. Yang utama juga adalah tiket pesawat. Jangan sampai ketinggalan. Jika sudah berangkatlah lebih awal. Jika pesawatmu jam 12, maka datanglah di bandara jam 9. Ini berguna agar Anda dapat mengikuti segala proses boarding dengan tidak panik.

  • Persiapkan amunisi perjalanan

Karena Anda memilih liburan ala backpacker, maka persiapan amunisi perjalanan dengan lengkap. Misalnya saja obat-obatan yang diperlukan dalam keadaan darurat. Jangan lupa juga menge-charge power bank untuk persiapan di jalan. Agar saat Anda mendatangi daerah yang sulit menge-charge smartphone menggunakan charger, Anda tidak akan kehilangan komunikasi karena baterai tetap penuh.

You may also like