Home Tips Tips Liburan dengan Pesawat, Bagi Anda yang Sudah Berusia Lanjut

Tips Liburan dengan Pesawat, Bagi Anda yang Sudah Berusia Lanjut

by Fery Ferdiansyah
Tips Liburan dengan Pesawat, Bagi Anda yang Sudah Berusia Lanjut

Tips Liburan − Seringkali Anda mendengar seseorang berkata, ‘butuh piknik’, atau ‘capek sama kerjaan, pengin liburan yang jauh.’ Pernyataan tersebut sering Anda jumpai pada status-status di media sosial, atau ada yang mengeluhkannya langsung kepada Anda. Apa reaksi yang Anda berikan? Mungkin, ternyata Anda sendiri pun merasa butuh liburan karena bosan dengan rutinitas dunia kerja yang bikin pusing dan monoton. Setelah memikirkannya dengan matang, Anda pun mulai meminta cuti kepada atasan selama beberapa hari, dan mulai menyusun rencana liburan.

Tips Liburan dengan Pesawat, Bagi Anda yang Sudah Berusia Lanjut
Tips Liburan dengan Pesawat, Bagi Anda yang Sudah Berusia Lanjut

Semua anggota keluarga Anda ajak untuk ikut liburan bersama menggunakan transportasi pesawat terbang. Mulai dari anak, istri, asisten rumah tangga, sampai orangtua Anda pun ikut serta. Walaupun awalnya orangtua menolak karena sudah memasuki usia di atas 65 tahun, Anda tetap bersikeras mengajaknya, karena ingin menyenangkan orangtua melalui hasil dari kerja keras Anda selama ini. Tentunya rencana mengajak orang tua Anda yang telah berusia lanjut tersebut sudah melalui berbagai pertimbangan. Memang, Anda tak perlu khawatir, beberapa tips di bawah ini akan membuat Anda yakin, bahwa membawa orangtua Anda pergi berlibur adalah keputusan yang tepat. Ini dia tips liburan yang tepat untuk orangtua:

  • Rencanakan dengan Baik

Jika sudah berniat mengajak orangtua pergi berlibur, rencanakanlah dengan baik liburan Anda. Perhatikan keperluan apa saja yang harus disiapkan, dan jangan jadikan orangtua sebagai prioritas terakhir Anda. Perencanaan ini harus sangat matang, karena bisa berpengaruh terhadap kesehatannya.

  • Konsultasi dengan Dokter Terkait Rencana Anda Mengajak Orangtua Pergi Berlibur

Ini penting. Jika sudah pasti orangtua Anda akan ikut berlibur, maka sebelum melakukan perjalanan, konsultasikanlah kepada dokter terkait kesehatan orangtua Anda. Umumnya, orangtua dengan usia di atas 60 tahun pasti memiliki penyakit kronis seperti asam urat, diabetes, kolesterol, atau bahkan jantung, dan masih banyak lagi. Demi mencegah hal buruk terjadi, mintalah saran kepada dokter, mengenai obat apa saja yang harus dibawa oleh orangtua Anda.

  • Perhatikan Obat Apa Saja yang Harus Dibawa Beserta Resepnya

Ada obat yang harus diminum oleh orangtua Anda dengan interval waktu tertentu. Untuk itu, Anda harus memperhatikan setiap jam berapa saja orangtua Anda harus meminum obatnya. Agar tidak bingung dan lupa, buatlah daftar mengenai jumlah obat dan resepnya. Beberapa pihak maskapai pun sudah memberikan kebijakannya terkait membawa obat-obatan ini, yaitu, berapa jumlah yang harus dibawa, dan bagaimana cara mengemasnya. Malah Anda tidak perlu khawatir jika harus melakukan tebus resep obat ketika sedang dalam perjalanan jauh. Karena sekarang, Anda sudah bisa menebusnya secara online.

  • Melakukan Tes Kesehatan Untuk Orang tua Anda

Sebelum terbang, akan lebih baik orangtua Anda melakukan tes kesehatan terlebih dulu. Ini penting, karena melalui tes kesehatan tersebut, Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan orangtua Anda. Pastikan kondisi kesehatan jantungnya dalam keadaan baik dan stabil.

  • Menghubungi Maskapai Penerbangan Jika Butuh Kursi Roda

Karena sudah berusia diatas 60 tahun, maka ada beberapa orangtua yang sudah mengalami kesulitan berjalan. Anda tidak akan tega, kan, melihat orangtua sendiri berjalan tergopoh-gopoh sambil memegangi salah satu lengan Anda? Maka dari itu, pesanlah kursi roda pada maskapai penerbangan sebelum memulai perjalanan.

  • Cek Ulang Dokumen

Dokumen dan surat rekomendasi dari dokter terkait penyakit kronis yang sedang diderita oleh orangtua Anda, bisa digunakan untuk meminta izin agar orangtua dapat duduk di bulkhead seat atau di aisle seatdengan legroom. Oleh karena itu, sebelum berangkat, pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap dan tidak ada yang tertinggal.

  • Bawa Snack Ringan dan Sehat

Untuk mencegah dehidrasi dan kadar gula rendah, sebelum melakukan perjalanan, Anda harus menyiapkan beberapa snack ringan dan botol air yang cukup, untuk kebutuhan orangtua Anda.

  • Perbanyak Gerak Tubuh

Pembekuan darah dan inflamasi pada sendi atau otot dapat terjadi ketika Anda terlalu lama duduk di dalam pesawat. Jika orangtua Anda masih mampu untuk berdiri, mintalah mereka untuk melakukan beberapa gerakan sederhana, seperti mengangkat lengan, memiringkan tubuh, atau melemaskan otot leher, pada selang waktu tertentu. Jangan lupa, berjalanlah di lorong pesawat sekitar 2 sampai 3 kali. Tidak perlu merasa malu.

  • Turun Dari Pesawat Pada Giliran Terakhir

Ketika pesawat sudah mendarat dengan selamat di bandara negara tujuan, jangan langsung terburu untuk turun. Ingat, Anda membawa serta orangtua. Biarkan orang lain terlebih dulu untuk turun. Hal ini dapat menjaga keselamatan orangtua Anda, karena tidak perlu berdesakan dengan penumpang lain.

  • Destinasi Liburan yang ‘Ramah’ Untuk Orangtua

Maksudnya adalah jangan membawa orangtua Anda ke tempat liburan yang akan menguras tenaga mereka. Pilih destinasi liburan yang aman dan nyaman bagi orangtua, karena tujuan Anda untuk liburan bukan untuk merasakan lelah, tapi untuk bersantai sejenak dari rutinitas.

Nah, setelah membaca tips liburan di atas, Anda tidak usah cemas lagi mengajak orang tua Anda berlibur bersama. Segera saja pesan tiket pesawatnya, agar Anda mendapatkan kursi paling aman dan nyaman untuk orang tua Anda.

You may also like