Home Lifestyle Tips Membeli Tiket Pesawat Untuk Mudik Lebaran

Tips Membeli Tiket Pesawat Untuk Mudik Lebaran

by Fery Ferdiansyah
Tips Membeli Tiket Pesawat Untuk Mudik Lebaran

Mudik adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Ada jutaan orang yang mudik dari kota kembali ke desa untuk bersilaturrahim ke keluarga dan sanak saudara khususnya menjelang lebaran. Salah satu moda transportasi yang banyak menjadi pilihan untuk mudik adalah pesawat terbang, dan berikut ini adalah tips membeli tiket pesawat untuk mudik:

Tips Membeli Tiket Pesawat Untuk Mudik Lebaran
Tips Membeli Tiket Pesawat Untuk Mudik Lebaran
  • Pesan Tiket Jauh Hari

Penjualan tiket maskapai penerbangan memang cepat habis jelang lebaran, karena banyak orang yang ingin melakukan perjalanan untuk kembali ke kampung halaman. Oleh sebab itu, agar tak kehabisan tiket untuk mudik lebaran, sebaiknya pembelian tiket dilaksanakan jauh hari, minimal 2 bulan sebelum keberangkatan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan tiket dan agar bisa mendapat harga tiket yang lebih murah.

  • Pilih Hari Keberangkatan di Luar H-3 sampai H+7

Puncak arus mudik dan arus balik lebaran biasanya terjadi antara H-3 hingga H+7, oleh sebab itu, apabila ingin menjalani perjalanan nyaman dengan pesawat sebaiknya menghindari hari-hari tersebut, selain itu karena hari selain peak season arus mudik akn lebih mudah dan leluasa untuk memilih tiket.

  • Manfaatkan Maskapai¬†Full Service

Ketika musim mudik, masyarakat biasanya akan lebih banyak memburu tiket maskapai Low Cost Carrier sehingga tak banyak yang membeli tiket maskapai full service. Ini tentunya bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan tiket untuk mudik. Jangan takut harga mahal, karena biasanya maskapai full service ini pun menyediakan tiket dengan harga promo sehingga ramah di kantong.

  • Cari Penerbangan Subuh atau Malam

Tiket maskapai penerbangan dengan jam penerbangan pada jam-jam sibuk biasanya lebih mahal dan banyak peminatnya, apabila tidak mendapatkan jam penerbangan di waktu siang atau sore, bisa mencari penerbangan dengan harga yang lebih murah untuk jam penerbangan subuh atau malam karena biasanya lebih cenderung sepi peminatnya.

  • Mengambil Rute Alternatif

Biasanya, harga tiket pesawat yang terbang di rute-rute populer akan mengalami kenaikan harga pada musim mudik lebaran. Untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dengan mencari rute alternatif lain yang jam penerbangannya tidak terlalu sibuk akan tetapi tetap pilih yang dekat dengan bandara tujuan atau keberangkatan. Cara ini juga bisa digunakan ketika kehabisan tiket saat akan mudik.

  • Pesan Tiket Pulang-Pergi

Tak ingin bingung mendapatkan tiket untuk mudik, tentunya tak ingin bingung juga ketika ingin kembali ke kota. Oleh karena itu, ketika membeli tiket sebaiknya beli tiket PP (Pulang-Pergi) sekaligus, hal ini karena maskapai penerbangan biasanya akan memberikan harga yang lebih murah untuk round trip deal yang tentunya akan bisa menghemat anggaran mudik.

Itulah beberapa tips untuk membeli tiket pesawat untuk mudik lebaran. Dari tips-tips tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa untuk bisa mendapatkan tiket serta bisa terbang nyaman untuk mudik adalah segalanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari, termasuk untuk membeli tiket mudik, apalagi hampir sebagian besar orang di Indonesia melakukan perjalanan mudik yang tentunya akan banyak saingan untuk mendapatkan tiket. Oleh sebab itu, persiapan dan perencanaan harus dilakukan sedini mungkin agar bisa mendapatkan tiket dengan harga yang pas sehingga tidak menguras kantong, juga agar bisa mendapatkan waktu perjalanan mudik yang tepat sehingga tidak perlu ikut berdesakan dengan calon penumpang di bandara serta tidak kelelahan di perjalanan.

You may also like