Home Tekno Tips Memilih Saluran Pemasaran Digital yang Tepat untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Saluran Pemasaran Digital yang Tepat untuk Bisnis Anda

by Fery Ferdiansyah
Tips Memilih Saluran Pemasaran Digital yang Tepat untuk Bisnis Anda

Pemilihan saluran pemasaran digital merupakan salah satu hal yang membutuhkan banyak pertimbangan agar Anda bisa melakukan promosi dengan maksimal. Hal ini karena setiap platform pemasaran digital mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam promosi produk.

Berbagai  jenis pemasaran digital terbaik tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran digital berdasarkan karakter bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti agar Anda bisa dapat memilih saluran pemasaran digital secara tepat untuk bisnis.

Tips Memilih Media Pemasaran Digita;

Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan saat memilih saluran pemasaran digital agar Anda tidak sembarang dalam memilih platform. Beberapa tips untuk memilih media pemasaran digital secara tepat antara lain adalah sebagai berikut.

1.     Menentukan Target Market Bisnis

Tips pertama untuk memilih saluran pemasaran digital adalah menentukan target market dalam bisnis terlebih dahulu. Anda bisa mencari tahu mengenai latar belakang customer terkini yang dalam waktu terakhir membeli produk untuk menguatkan target market.

Penentuan target market juga bisa dilakukan dengan cara demografi dari beberapa aspek, seperti jenis kelamin, latar belakang sosial, usia, dan tingkat pendidikan. Ada pula sisi psikologis konsumen yang bisa mempengaruhi daya belinya, salah satunya adalah gaya hidup.

Apabila Anda masih kesulitan dalam menentukan target market secara spesifik, maka bisa mengikuti kompetitor terlebih dahulu. Anda bisa mengamati apa saja tipe konsumen yang didapatkan oleh kompetitor, lalu inovasikan ke dalam bisnis.

Penentuan target market ini diperlukan agar Anda mempunyai tujuan dalam memilih saluran pemasaran digital tersebut. Di samping itu, pilihlah saluran pemasaran digital yang paling sering diakses oleh target market.

2.     Memperhatikan Budget yang Tersedia

Setiap media pemasaran digital membutuhkan pengeluaran berbeda-beda tergantung pada jenis konten yang digunakan. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan budget yang sudah dianggarkan untuk pemasaran digital agar bisa menyesuaikan jenis medianya.

Anda bisa membandingkan biaya pembuatan konten, pengelolaan akun, hingga penayangan iklan pada beberapa media pemasaran digital terlebih dahulu. Selanjutnya bandingkan biaya yang harus dikeluarkan tersebut dengan budget milik bisnis Anda.

Pada umumnya budget yang dibutuhkan untuk membangun saluran di media pemasaran digital mulai dari dari di bawah 5 ribu dollar untuk budget rendah. Ada pula biaya tertinggi dengan kisaran di atas 1 juta dollar untuk pengelolaan channel yang lebih optimal.

Anda bisa mencoba menggunakan media pemasaran digital dengan biaya rendah terlebih dahulu apabila baru ingin memanfaatkan strategi promosi yang satu ini. Di samping itu, jangan sampai biaya untuk membangun channel pemasaran digital tersebut melebihi budget yang disediakan.

3.     Mempertimbangkan Sumber Daya Bisnis

Tips untuk memilih jasa pemasaran digital selanjutnya adalah mempertimbangkan sumber daya bisnis yang dimiliki. Jenis sumber daya yang harus diperhatikan antara lain adalah sarana, prasarana, dan pegawai yang akan membantu dalam pengelolaan pemasaran digital.

Apabila Anda mempunyai seperangkat device yang cukup mumpuni untuk mengakses media pemasaran digital, maka bisa menggunakan media pemasaran ini. Jangan lupa untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembuatan konten/

Sumber daya yang akan menjalankan saluran pemasaran digital juga harus dipertimbangkan. Pastikan bahwa pegawai yang mempunyai kendali dalam pemasaran digital mempunyai disiplin baik untuk membuat konten, mengupload konten, dan membangun interaksi dengan pelanggan.

4.     Menentukan Tujuan Utama Bisnis

Hal berikutnya yang harus dipetimbangkan dalam memilih salura pemasaran digital adalah menentukan tujuan bisnis. Selanjutnya rumuskan tujuan digital marketing yang Anda lakukan agar setiap prosesnya dapat terarah dengan baik/

Ada empat hal yang perlu diperhatikan saat menentukan tujuan pemasaran digital, antara lain penjualan, brand awareness, raw traffic, dan edukasi untuk calon konsumen. Fungsi brand awareness dalam hal ini adalah untuk menyikapi pasar yang belum mengenal merk produk Anda.

Raw traffic diperlukan agar Anda bisa menghasilkan uang dengan cara memposting iklan pada saluran digital marketing tersebut. Sementara edukasi pada calon pelanggan berisi mengenai apa saja kemungkinan masalah konsumen dan solusi yang ditawarkan oleh produk.

5.     Memilih Channel yang Tepat

Tips selanjutnya adalah memilih channel yang tepat sesuai dengan tujuan bisnis dan target market. Ada berbagai platform sosial yang bisa dipilih, seperti instagram, facebook, dan Youtube untuk mengupload video seputar produk.

Anda juga bisa membuat website untuk melengkapi media pemasaran digital agar bisnis terlihat kredibel. Website tersebut bisa Anda hubungkan dengan media digital marketing yang lain agar pengunjungnya juga meningkat dan produk bisa dikenal secara lebih luas.

Pada saat memilih saluran pemasaran digital ini, perhatikan platform yang paling sering diakses oleh target market. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mencapai segmen yang cukup potensial untuk membeli produk dan mengoptimalkan pengunjung dari saluran media digital marketing.

6.     Mengoptimalkan Penggunaan Channel

Satu lagi tips untuk memilih saluran digital marketing adalah mengoptimalkan channel yang sudah dibuat. Anda harus melakukan pengelolaan terhadap saluran digital marketing yang dipilih agar pengunjungnya semakin ramai.

Pengelolaan ini dimulai dari perencanaan, pembuatan konten, dan proses menguploadnya di channel. Buatlah timeline untuk jadwal upload konten secara berkala dan rutin agar channel Anda tetap hidup. Di samping itu, buatlah desain konten yang membuat target market tertarik.

Berbagai tips untuk memilih saluran pemasaran digital tersebut dapat diperhatikan untuk menunjang kemajuan bisnis Anda. Pemilihan media digital marketing yang tepat akan memperbesar potensi peningkatan penjualan pada produk Anda.

You may also like