Home Wisata Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah di Luar Masa Promo

Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah di Luar Masa Promo

by Fery Ferdiansyah
Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah di Luar Masa Promo

Berpergian menggunakan pesawat terbang merupakan pilihan yang belakangan ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang yang menginginkan perjalanan dengan waktu tempuh yang relatif singkat. Naik pesawat terbang memang lebih efisien dan dapat menghemat waktu perjalanan. Namun, tidak sedikit pula orang yang mesti berpikir ulang untuk naik pesawat sebab harga tiket pesawat relatif mahal. Padahal, Anda dapat memanfaatkan peluang untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah atau harga diskon, bahkan di luar masa promo.

Berikut ini adalah beberapa tips mendapatkan tiket pesawat murah di luar masa promo:

  1. Memilih Waktu Terbang yang Tepat

Terbang dengan harga murah di masa promo mungkin memang sebuah kewajaran. Namun membayar tiket dengan harga lebih murah hampir di setiap kesempatan sebenarnya juga dapat dilakukan, yaitu dengan cara memilih waktu terbang yang tepat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga tiket pesawat untuk penerbangan akhir pekan, yaitu Jumat, Sabtu, Minggu, relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket untuk penerbangan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sementara untuk hari Senin, penerbangan Senin pagi harga tiketnya lebih mahal dibandingkan dengan penerbangan Senin sore atau Senin malam. Oleh sebab itu, jika jadwal berpergian Anda tidak mendesak, pilihlah jadwal atau waktu terbang di hari-hari Selasa, Rabu, atau Kamis. Selain berdasarkan hari, momentum juga akan mempengaruhi harga tiket. Momen ketika mendekati hari libur panjang tentu harga tiketnya lebih mahal.

2. Di Mana Harus Memesan Tiket Murah?

Jika Anda merupakan orang yang sering membeli tiket pesawat secara online atau sering memperhatikan perubahan harga tiket di website resmi sebuah maskapai penerbangan, Anda akan mendapatkan fakta bahwa harga tiket akan berubah hampir setiap jam. Membeli tiket di pagi hari, harganya akan berbeda jika membeli pada siang hari atau malam hari—dan seterusnya. Jika Anda memahami pergerakan naik turunnya harga tiket di situs resmi sebuah maskapai penerbangan, Anda akan mendapatkan harga yang murah. Namun jika Anda tipe orang yang ingin simpel dalam membeli tiket, sebaiknya gunakanlah jasa agen travel, sebab harga tiket pesawat di agen travel pergerakan naik turunnya tidak terlalu signifikan, sebab harga jualnya sudah ditentukan di awal ketika menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut. Pilihlah agen travel terpercaya yang dikenal sering menjual tiket dengan harga relatif murah.

3. Jangan Memesan Tiket Borongan

Tahukah Anda bahwa memesan tiket satu persatu akan jauh lebih murah dibandingkan ketika memesannya secara borongan dalam sekali waktu? Ya. Membeli tiket secara borongan memang cenderung lebih mahal, sebab ketika membeli tiket secara borongan, Anda cenderung memerlukan tempat duduk yang berurutan dengan rombongan Anda, dan itu akan mempengaruhi harga tiket menjadi relatif lebih mahal. Sebaiknya, pesanlah tiket satu persatu. Jika memesannya dalam waktu hampir bersamaan, masih akan ada kemungkinan tempat duduk rombongan Anda berdekatan, bahkan berjajar.

4. Memesan Sejak Jauh Hari

Selain menerapkan cara-cara di atas, cara yang paling aman untuk mendapatkan tiket pesawat terbang dengan harga jauh lebih murah di luar masa promo adalah dengan memesannya sejak jauh hari. Semakin dekat jarak Anda memesan tiket dengan waktu keberangkatan Anda, maka harga tiketnya akan cenderung lebih mahal. Sebaliknya, semakin Anda memesan tiket sejak jauh hari, maka kesempatan untuk mendapatkan tiket dengan harga jauh lebih murah akan sangat besar. Oleh sebab itu, rencanakanlah perjalanan Anda sejak jauh-jauh hari jika ingin mendapatkan tiket dengan harga murah.

You may also like