Home Tips Tips Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

Tips Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

by Fery Ferdiansyah
Tips Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung mobilitas seseorang dari satu kota ke kota lainnya. Transportasi udara kini menjadi pilihan utama bagi sebagian besar orang yang menginginkan perjalanan yang tepat, nyaman, dan aman. Tidak heran jika pesawat terbang kini menjadi kebanggaan dan semakin populer di mata masyarakat. Di tengah semakin populernya moda transportasi pesawat terbang di mata masyarakat, sayangnya banyak pihak yang mengambil keuntungan dengan cara merugikan para calon penumpang pesawat, misalnya melakukan penipuan dengan menjual tiket palsu. Oleh sebab itu, hendaknya para calon penumpang lebih waspada dalam membeli tiket untuk perjalanan dengan pesawat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memesan tiket pesawat terbang untuk memastikan bahwa nama Anda benar-benar terdaftar sebagai calon penumpang.

Tips Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan
Tips Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

Cara Mengecek Tiket Pesawat yang Sudah Dipesan

Ketika Anda membeli tiket pesawat terbang, baik membelinya via online ataupun melalui agen travel perjalanan terdekat, Anda dapat mengecek apakah tiket Anda data-datanya sudah sesuai dengan identitas Anda atau tidak. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara mencetak tiket yang sudah Anda pesan. Pada tiket tersebut, terdapat kode booking atau Passanger Name Record (PNR) yang berisi data pribadi Anda, terutama nama dan tanggal lahir Anda. Selain data pribadi, dalam PNR juga terdapat kode-kode, informasi tentang jadwal penerbangan yang meliputi: nama maskapai, tanggap penerbangan, jam penerbangan, dan nomor kursi penumpang.

Untuk memastikan apakah kode booking atau PNR tersebut asli atau nama Anda benar-benar terdaftar, kunjungilah situs resmi maskapai penerbangan yang tertera pada tiket Anda. Saat ini, semua maskapai penerbangan di tanah air memiliki website resmi yang menampung informasi tentang jadwal penerbangan dan data penumpang. Setelah membuka website resmi maskapai tersebut, ketiklah nama Anda di kolom pencarian, atau kode booking tiket yang Anda pesan. Jika tiket Anda asli, identitas Anda akan muncul di website tersebut, yaitu identitas yang sama persis dengan identitas di KTP Anda atau kartu identitas resmi Anda yang Anda gunakan ketika memesan tiket tersebut.

Bagaimana Jika Tiket Anda Hilang?

Tidak jarang, tiket pesawat terbang hilang atau terselip entah di mana. Namun jangan panik, jika tiket Anda hilang atau terselip, tiket Anda belum hangus. Anda dapat memperoleh kembali tiket yang baru, sepanjang Anda mengingat kode booking-nya. Masukkanlah kode booking tiket yang sudah Anda pesan tersebut di website resmi maskapai penerbangan tersebut, dan cetak kembali tiket yang tersedia di website. Atau jika di website tersebut tidak menyediakan fitur print tiket, mintalah pihak maskapai untuk kembali mengirimkan tiket ke alamat email Anda dengan menyebutkan kode booking-nya.

Bagaimana Jika Nama Anda Tidak Terdaftar?

Jika Anda sudah mendapatkan tiket, namun ternyata identitas, atau kode booking Anda tidak terdaftar di website resmi maskapai tersebut? Pertama, Anda dapat menghubungi agen tempat di mana Anda membeli tiket pesawat tersebut. Jika pihak agen menjamin bahwa tiket Anda adalah asli, Anda dapat melakukan langkah kedua, yaitu menghubungi pihak maskapai melalui customer service untuk memastikan apakah kode booking dari tiket yang Anda pesan benar-benar terdaftar atau tidak.

Itulah beberapa tips mengecek tiket pesawat yang sudah dipesan. Dengan memilih naik pesawat terbang, waktu tempuh perjalanan Anda akan jauh lebih singkat. Selain itu, dengan pesawat terbang, Anda akan lebih nyaman dan merasa aman.

You may also like