Home Tips Tips Mengurus Izin Terbang Bersama Hewan Kesayangan

Tips Mengurus Izin Terbang Bersama Hewan Kesayangan

by Fery Ferdiansyah
Tips Mengurus Izin Terbang Bersama Hewan Kesayangan

Bagi Anda yang sering bepergian liburan ke luar kota dengan menggunakan moda transportasi udara yaitu pesawat terbang, mungkin sudah terbiasa mengurus barang-barang bawaan agar muat di bagasi. Meskipun kadang terjadi juga over bagasi atau kelebihan muatan. Mungkin pernah juga menitipkan bagasi pada penumpang lain, tentu dengan perhitungan ongkos yang baik. Jika barang yang dibawa merupakan benda mati, seperti koper, tas, baju, maupun lainnya, tentu bukan masalah besar. Pertanyaannya, bagaimana jika barang yang akan Anda bawa adalah benda hidup seperti hewan? Membawa hewan peliharaan untuk bepergian menggunakan pesawat memang gampang-gampang susah, karena harus melalui proses birokrasi yang lumayan memakan waktu, berbeda dengan benda mati.

Tips Mengurus Izin Terbang Bersama Hewan Kesayangan
Tips Mengurus Izin Terbang Bersama Hewan Kesayangan

Ada beberapa izin yang harus dipenuhi oleh calon penumpang agar hewan kesayangan Anda bisa ikut bersama. Ada beberapa tahap yang harus Anda ketahui dan persiapkan sebagai calon penumpang pesawat bersama hewan peliharaan Anda, yaitu:

  1. Periksa terlebih dahulu hewan Anda, pastikan dahulu sebelumnya bahwa hewan kesayangan Anda dalam kondisi sehat dan tidak stres agar tidak mengganggu calon penumpang lainnya saat mengudara.
  2. Masukkan hewan ke kandang hewan yang terbuat dari bahan yang kuat. Hal ini untuk mencegah kerusakan kandang saat hewan sedang berada di perjalanan. Karena jika kandang sampai rusak, kemungkinan hewan untuk terlepas jadi semakin besar.
  3. Surat Keterangan Kesehatan Hewan bisa diperoleh di Dinas Pertanian Kota/Kab setempat sesuai domisili KTP calon penumpang. Anda harus membawa semua hewan yang akan diterbangkan ke Dinas Pertanian untuk diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit atau virus yang bersumber dari hewan kepada penumpang lainnya di pesawat. Kemudian, Anda harus mengisi formulir biodata. Proses akan selesai dalam waktu 3 hari kerja. Surat keterangan kesehatan hewan bisa diambil di Dinas Pertanian setempat sekitar Anda.

Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kita mengikuti aturan yang sudah ada, agar tidak diklaim sebagai pemilik hewan ilegal. Tapi tetap harus waspada terhadap hewan yang dibawa dan jangan sampai maksud hati ingin membawa hewan kesayangan Anda bersama sama menjadi masalah yang serius pastikan Anda mengurus semua izin dengan baik agar Anda bisa bepergian dengan hewan kesayangan Anda dengan pesawat. Jadikan momen liburan kebersamaan Anda beserta keluarga dan hewan kesayangan Anda menjadi momen yang indah dan tidak terlupakan sepanjang hidup. Kemudian, yang penting lainnya adalah jangan lupa untuk selalu berdoa agar perjalanan liburan Anda menjadi lancar aman, nyaman, dan selamat sampai ke tujuan.

You may also like